Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/08/2021, 22:34 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com - Belakangan smartwatch menjadi barang yang dicari banyak orang. Pasalnya, selain bisa menunjukkan waktu, jam jenis ini juga dapat membantu pemakainya memantau kesehatan dan bisa berfungsi sebagai penunjang olahraga.

Namun sebelum menentukan pilihan pada salah satu merk dan tipe smartwatch, kita perlu menerapkan beberapa tips dibawah ini saat membelinya :

  • Ketahui kebutuhan dan aktivitasmu. Apakah kamu perlu smartwatch yang sangat canggih, atau sekedar bisa memantau kondisi kesehatan secara sederhana.
  • Bandingkan berbagai merek, baik melalui spesifikasinya, maupun berdasarkan review pemakai.
  • Sebaiknya pilih brand yang sudah dikenal atau memiliki banyak lokasi service
  • Disarankan memilih smartwatch yang sudah mendukung sertifikasi IP agar bisa digunakan di dalam air.
  • Setidaknya pilih smartwatch yang memiliki fitur Heart Rate Tracking.
  • Usahakan membelinya melalui gerai resmi untuk menjamin keaslian produk.
  • Jika membeli via Online, pastikan barang tersebut asli. Kita bisa cek di bagian deskripsi produk atau menanyakannya pada pihak penjual.
  • Perhatikan layanan purna jual dan garansi yang diberikan

Berdasarkan hal tersebut, ada beberapa pilihan smartwatch di rentang harga Rp 500 ribu hingga Rp 1 juta yang bisa dijadikan pilihan. Apa saja?

1. Amazfit BIP U

Rp 600 ribuan

Amazfit BIP Uamazfit Amazfit BIP U
Produk yang satu ini memilki kriteria yang cukup lengkap untuk smartwatch di rentang harga 500 ribuan, mulai dari sisi desain, fitur, dan harga.

Dengan dimensi 40.9 x 35.5 x 11.4 mm dan bobot 31 gram, jam ini memiliki layar berjenis IPS LCD berukuran 1,43 inci. Tali strapnya memiliki ukuran 118 mm untuk long version dan 76 mm untuk short version dari bahan silikon.

Produk yang satu ini juga dilengkapi dengan fitur 60 mode olahraga, mulai dari lari outdoor dan indoor (treadmill), bersepeda outdoor dan indoor, berjalan, berenang, lompat tali, yoga, berbagai gaya menari dan seni bela diri, bola voli, dan banyak lagi.

Amazfit BIP U juga dilengkapi fitur kesehatan dengan dua sensor penting di bagian belakang seperti BioTracker PPG dan OxygenBeats untuk pengukuran detak jantung dan oksigen dalam darah.

Sensor ini dapat memantau berapa detak jantung pengguna secara real-time 24/7. Pengaturan bawaannya dapat mengukur denyut nadi dalam jangka 10 menit. Jika mau diatur, jam juga menyediakan opsi mulai dari 1, 5, 10, 30 menit, atau manual.

Selain itu Amazfit BIP U juga dilengkapi baterai dan konektivitas yang cukup baik. Jam tangan ini mampu bertahan hingga tujuh hari dengan pemakaian terkoneksi smartphone dan kecerahan 50-25 persen.

2. Samsung Galaxy Fit

Rp 900 ribuan

Samsung Galaxy FitSamsung Samsung Galaxy Fit
Bagi mereka yang gemar fitness dan butuh perangkat wearable efisien untuk aktivitas seperti berjalan, berlari, dan bersepeda, maka Samsung Galaxy Fit jadi pilihan yang baik.

Selain terjangkau dan cocok untuk berolahraga, Galaxy Fit juga dapat menyediakan informasi seperti cuaca, siklus tidur, dan detak jantung.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com