Kompas.com - 05/08/2021, 08:56 WIB
Ilustrasi madu dalam stoples. FREEPIK/RACOOL_STUDIOIlustrasi madu dalam stoples.

KOMPAS.com - Tantangan #FrozenHoney atau madu beku viral di aplikasi TikTok.

Dalam tantangan ini, seseorang diminta untuk membekukan seluruh botol madu selama beberapa jam, kemudian memeras isinya dan memakannya seperti es loli.

Lebih dari 1.000 video tentang tantangan tersebut. Tagar #FrozenHoneyChallenge juga telah dilihat lebih dari 80 juta kali.

Menurut Independent, tak jelas siapa yang memulai tren ini. Namun, kini para pengguna TikTok mulai membuat versi mereka sendiri.

Misalnya, dengan menambahkan sirup jagung sehingga madunya tidak terlalu kental.

Sebagian orang yang melakukan tantangan tersebut merasa "sakit" setelah mencoba potongan madu beku. Sebab, makan seperlima botol atau lebih menyebabkan lonjakan gula dalam tubuh.

@glossybearss

excuse when my hands where shaking trying to squeeze it out ???? #MaybellineSwipeIt #foryou #fyp?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

? original sound - tahlia
@lalaleluu

Reply to @sqiudward_smells Note to self: don’t eat three mouthfuls of honey in the morning, it will cause urgent bowel movement

? original sound - Lala

Baca juga: Bintang TikTok Khaby Lame, Populer Hanya karena Video Sederhana

Tantangan makan madu beku ini rupanya disoroti oleh sejumlah praktisi.

Menurut NBC News, mereka mengingatkan risiko masalah kesehatan karena mencoba tantangan ini, seperti diare, kembung, kram perut, dan efek samping lainnya.

Mencoba tantangan ini juga berisiko menyebabkan gigi berlubang.

Asisten profesor nutrisi di Steinhardt School of Culture, Education, and Human Development, New York University, Lisa Young khawatir para pengguna TikTok mengikuti tantangan tersebut hanya karena sedang tren, tetapi tidak mendengarkan keluhan perut mereka.

"Jika kita mencoba tren ini sesekali, kemudian sakit perut hanya karena orang lain melakukannya, cobalah mandiri. Kita tidak harus mengikutinya," kata dia.

Sementara itu, pakar kesehatan Neeha Nagpal mengatakan, madu adalah pemanis alami dan memiliki banyak manfaat kesehatan.

Namun, madu yang dibekukan dan disimpan pada suhu sekitar -20 derajat Celcius kemungkinan malah akan menimbulkan masalah seperti kembung dan diare saat dikonsumsi.

"Jika disimpan pada suhu yang sesuai, madu tidak akan mengkristal, pertumbuhan bakteri akan terhambat, dan kandungan nutrisi serta rasanya tidak akan terpengaruh," kata Nagpal.

Baca juga: Viral, Biarawati Awet Muda Berbagi Tips Rawat Kulit di TikTok



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.