Kompas.com - 05/08/2021, 10:05 WIB

KOMPAS.com – Memiliki tindik alias piercing memang dapat membuat penampilan terlihat lebih bold. Cara ini juga menjadi bagian dari ekspresi diri sebagian orang.

Saat ini ada beragam jenis lokasi tindik di tubuh yang bisa dipilih, misalnya di hidung, lidah, alis, dan juga area sekitar telinga. Kita pun bisa menghias tindakan dengan berbagai aksesoris atau perhiasan.

Walau tindik terkesan sederhana, jangan pernah melakukannya sendiri. Sebaiknya minta bantuan profesional atau ahli tindik untuk mencegah risiko infeksi.

Founder Piercing Indonesia, Niyo, mengatakan, melakukan tindik ke tempat piercing justru lebih dianjurkan dari pada ke dokter, bidan, atau perawat.

“Kecuali jika mereka mempelajari pengetahuan khusus tentang piercing. Faktanya, tenaga medis umumnya tidak mengerti tentang style perhiasan, ukuran, penempatan, dan teknik menindiknya,” kata Niyo dalam unggahan di Instagaram @piercingIndonesia.

Baca juga: Tato dan Tindik Alis Jungkook BTS yang Bikin Heboh ARMY

Founder Piercing Indonesia, Niyo.Dok Piercing Indonesia Founder Piercing Indonesia, Niyo.

Dia menambahkan, sebagian dokter juga menggunakan suntik anestesi. Padahal, hal ini dapat meningkatkan risiko komplikasi.

“Kondisi mati rasa akan mengeraskan jaringan sehingga tindikan malah lebih sulit dilakukan. Percayalah, hal itu tidak diperlukan sama sekali jika piercer (penindik) yang cukup terampil,” katanya.

Menurutnya, kebanyakan kliennya memang tidak merasakan sakit seperti yang ditakutkan saat proses tindik.

Jika dilakukan dengan tepat, proses kesembuhan tindik akan sembuh total dalam waktu 6-8 minggu. Namun, hal ini juga tergantung dari jenis piercing yang dibuat.

Baca juga: Tindik Asimetris, Tren Anyar 2020, Mau Coba?

“Contohnya, untuk tindikan di bagian cuping telinga, butuh waktu 6-8 minggu agar luka tindik sembuh total. Untuk dibagian lain, telinga bagian atas (tulang rawan) tentu membutuhkan waktu yang lebih lama dari itu," tutur Niyo.

Dia juga tidak menyarankan klien untuk melepas atau mengganti perhiasannya sebelum melewati minimum masa penyembuhan tersebut atau sampai luka tindik benar-benar sembuh.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.