Kompas.com - 05/08/2021, 11:01 WIB
Ilmuwan di balik vaksin Oxford-AstraZeneca, Prof Dame Sarah Gilbert bersama boneka Barbie dirinya yang dibuat oleh Mattel. PA MEDIA VIA BBCIlmuwan di balik vaksin Oxford-AstraZeneca, Prof Dame Sarah Gilbert bersama boneka Barbie dirinya yang dibuat oleh Mattel.

KOMPAS.com - Mattel, perusahaan mainan yang memproduksi boneka Barbie, merilis enam koleksi baru yang terinpirasi dari sejumlah ilmuwan wanita inspiratif di masa pandemi Covid-19.

Salah satu koleksinya ini termasuk figur Prof Dame Sarah Gilbert, peneliti Oxford yang menemukan vaksin AstraZeneca.

Kiprahnya, dan sejumlah wanita lainnya, di garis depan pandemi ini dianggap menginspirasi sehingga layak dijadikan model boneka terbaru Mattel.

Sebenarnya, Barbie secara berkala merilis koleksi boneka berdasarkan sosok berprestasi. Beberapa diantaranya seperti tokoh Helen Keller, Frida Kahlo, dan Teresa Bonvalot, surfer legendaris Portugal.

Namun, profesi ilmuwan, tenaga medis dan karier lainnya yang berbasis sains memang tergolong jarang ditampilkan.

Gebrakan yang dibuat perusahaan Amerika Serikat ini dianggap telah mengubah stereotip soal pilihan karier wanita, sesuai dengan isu kesetaraan gender yang kini berkembang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Berikut ini adalah profil enam sosok wanita inspiratif yang jadi model boneka Barbie terbaru:

  • Professor Dame Sarah Gilbert


Pakar vaksinologi ini memimpin pengembangan vaksin Universitas Oxford di Inggris. Hasilnya, tercipta vaksin AstraZeneca, salah satu yang paling banyak dipakai warga dunia saat ini.

Ia juga berbaik hati dengan merelakan paten yang merupakan haknya, untuk dibagikan sehingga vaksin bisa diproduksi dengan harga jauh lebih murah.

Halaman:
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.