Kompas.com - 05/08/2021, 15:46 WIB
Tokyo National Stadium yang digunakan untuk Olimpiade Tokyo 2020 di Shinjuku, Tokyo, Jepang. SHUTTERSTOCK / By UrbanscapeTokyo National Stadium yang digunakan untuk Olimpiade Tokyo 2020 di Shinjuku, Tokyo, Jepang.

KOMPAS.com - Banyak atlet modern mendapatkan pemasukan dengan kolaborasi bersama sponsor atau menyediakan endorsement dengan menjadi influencer media sosial.

Jumlah pendapatannya ini bahkan bisa jauh lebih besar dibandingkan uang yang didapatkan ketika bertanding di lapangan. Misalnya saja Simone Biles, atlet gimnastik AS atau Naomi Osaka, petenis berdarah Jepang-Amerika yang kerap mempromosikan produk tertentu di akun Instagramnya.

Sayangnya, hal ini agak sulit mereka lakukan selama berkompetisi di Olimpiade Tokyo 2020.

Penyelenggara, International Olympic Committee (IOC) menerapkan aturan khusus yang membatasi para atlet untuk melakukan iklan marketing dengan para sponsor atau endorsement yang telah mereka terima.

Baca juga: 4 Aksi Kebaikan Atlet Olimpiade yang Layak Ditiru

Seringkali, perusahaan atau brand yang bersangkutan harus mengirimkan konsep iklan tersebut sebelum disetujui untuk dilakukan. Upaya ini juga tak menjamin permintaan tersebut disetujui oleh penyelenggara.

Terbukti, atlet AS hanya boleh melakukan maksimal tujuh postingan yang berbau iklan sedangkan olahragawan Inggris maksimal hanya 10.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Batasannya juga ketat termasuk tidak boleh ada produk khusus, tidak ada tautan ke video penampilan mereka, dan tidak ada cincin olimpiade yang disertakan.

Tujuannya adalah memastikan gelaran kompetisi olahraga ini bebas sponsor dan tetap fair dari segi finansial.

Aturan ini dibuat berdasarkan sejarah bahwa olimpiade adalah acara amatir dan tidak berorientasi keuntungan semata. Praktiknya seperti tidak ada logo sponsor di kamera selama acara ditayangan.

Baca juga: Cerita di Balik Seragam Model Bikini Para Atlet Voli Pantai

Namun, uang tetap saja mengalir dengan kontrak sebagai mitra resmi olimpiade, yang kerap diburu brand-brand besar.

Halaman:


Sumber APnews
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.