Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Riset Bioteknologi dalam Industri Kesehatan Terus Dikembangkan

Kompas.com - 05/08/2021, 16:34 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com – Kemajuan ilmu bioteknologi membuat penerapannya dalam kehidupan manusia semakin luas. Masa pandemi ikut mendorong pentingnya bioteknologi dalam bidang kesehatan.

Contoh penerapan bioteknologi dalam bidang medis antara lain pembuatan vaksin, pembuatan hormon, antibodi, transplantasi organ, hingga diagnosis berbagai penyakit.

Di negara maju, bioteknologi berkembang lebih pesat. Riset-riset pemanfaatan bioteknologi terutama untuk pengobatan penyakit genetic atau pun kronis yang belum ada obatnya, seperti kanker.

Untuk mendorong pengembangan riset bioteknologi di Indonesia, PT.Etana Biotechnologies Indonesia (Etana) dan Universitas Indonesia menjalin kerjasama penelitian dan pengembangan obat berbasis bioteknologi.

“Kami melihat sinergi antara Etana dan Universitas Indonesia merupakan sinergi yang baik antara industri dengan academia dalam mempersiapkan sumber daya manusia yang kompeten di bidang bioteknologi untuk mengembangkan dan memproduksi produk biologi,” kata Direktur Utama Etana, Nathan Tirtana.

Baca juga: Contoh Produk Bioteknologi Modern di Bidang Kesehatan

Sementara itu, Rektor Universitas Indonesia, Prof.Ari Kuncoro, mengatakan selama ini berbagai riset telah dilakukan di kampus UI, terutama di masa pandemi untuk membantu pemerintah.

“Kami berharap hasil penelitian dan pengembangan yang dilakukan memberikan manfaat bagi perkembangan dunia kesehatan di Indonesia,” katanya.

Nantinya kerjasama ini akan meliputi diskusi dan pertukaran informasi terkait perkembangan bioteknologi di bidang pengobatan, kolaborasi penelitian, hingga pengembangan obat dengan memanfaatkan sumber daya yang dimiliki kedua belah pihak.

Bioteknologi telah berkembang sejak lama di Indonesia, seperti pada pembuatan tempe dan oncom. Namun bioteknologi modern baru berkembang ketika Menteri Pendidikan dan Kebudayaan mengizinkan munculnya program Bioteknologi (1985) di beberapa perguruan tinggi.

Tujuan pemerintah dalam program ini adalah untuk meningkatkan penelitian di bidang bioteknologi dan memperluas jaringan bioteknologi di tingkat nasional maupun internasional, untuk kesejahteraan manusia.

Baca juga: Menurut Riset, Pandemi Bikin Teori Konspirasi Makin Menjadi-jadi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com