Kompas.com - 05/08/2021, 19:08 WIB
Batik demonstration dalam rangkaian acara promosi Merci-Beyond Bali di Paris, Perancis, (29/07/2021). DOK KBRI PARISBatik demonstration dalam rangkaian acara promosi Merci-Beyond Bali di Paris, Perancis, (29/07/2021).

KOMPAS.com - Membatik sudah jadi aktivitas yang dikenal luas oleh masyarakat Indonesia. Ketika melihat alat seperti canting, misalnya, pikiran kita mungkin sudah langsung mengarah pada aktivitas membatik.

Tapi, aktivitas ini mungkin masih cukup asing bagi masyarakat Paris.

Seperti Sylvain, masyarakat Paris yang menghadiri Merci-Beyond Bali, acara promosi produk kreatif Indonesia yang dilangsungkan di toko Merci, Paris, Perancis.

Saat itu ia dan beberapa pengunjung lain mencoba menggambar batik menggunakan canting dan malam di atas potongan kain blacu sesuai instruksi yang diberikan.

Di tengah dekorasi hutan tropis, pelukis Indonesia yang menetap di Perancis, Erlina Doho, mengajarkan mereka cara membatik. Momen itu memang bagian dari rangkaian Merci-Beyond Bali, yakni Batik demonstration.

 

Masyarakat Paris yang ikut membatik di sesi Batik demonstration pada acara Merci-Beyond Bali di Paris, Perancis, (29/07/2021).DOK KBRI Paris Masyarakat Paris yang ikut membatik di sesi Batik demonstration pada acara Merci-Beyond Bali di Paris, Perancis, (29/07/2021).

"Ternyata tidak mudah menggambar dengan canting. Saya kagum para pembatik bisa menghasilkan motif yang sangat cantik, berbeda dengan motif yang ada di Perancis."

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Saya ingin bisa membeli kain batik tulis asli," ujar Sylvain, seperti dikutip dari keterangan tertulis KBRI Paris.

Baca juga: Ini Makna Kain Batik Maudy Ayunda Saat Wisuda di Stanford University

Perlengkapan membatik di sesi Batik demonstration dalam rangkaian acara promosi Merci-Beyond Bali di Paris, Perancis, (29/07/2021).DOK KBRI PARIS Perlengkapan membatik di sesi Batik demonstration dalam rangkaian acara promosi Merci-Beyond Bali di Paris, Perancis, (29/07/2021).

Tak hanya batik, sejumlah produk kreatif juga didatangkan langsung dari tanah air untuk Merci-Beyond Bali. Mulai dari produk fesyen, busana, aksesoris dan pernak pernik, tas dan dompet, hingga perabotan dan peralatan makan dari 28 merek yang bertuliskan “Made in Indonesia”.

Seluruh produk kreatif ditampilkan di beranda toko Merci yang didekor bak hutan tropis.

Beberapa pengunjung ternyata pernah mengunjungi Indonesia, sehingga mereka datang ke sana untuk melihat-lihat produk dari tanah air.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.