Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/08/2021, 20:31 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kehamilan dapat membuat sebagian besar wanita tidak merasa bergairah untuk melakukan hubungan seksual karena berbagai faktor. Salah satunya adalah khawatir bisa membahayakan bayi dalam kandungan.

Padahal, jika kondisi kehamilan sehat, berhubungan seks saat hamil aman. Bahkan, aktif bercinta memiliki banyak manfaat, baik secara kesehatan fisik, mental, dan hubungan dengan pasangan.

Nah, untuk mengetahuinya lebih lanjut, simak beberapa manfaat dari berhubungan seks bagi para wanita di masa kehamilan, seperti yang dilansir dari laman Parents berikut ini.

Baca juga: 5 Alasan Seks Terasa Menyakitkan Selama Kehamilan

1. Meningkatkan kualitas hubungan dengan pasangan

Seorang profesor sosiologi di Universitas Washington di Seattle, Pepper Schwartz, PhD mengatakan bahwa kehamilan bisa membuat para wanita mengabaikan pasangannya.

Hal ini tentu saja dapat membuat hubungan dengan pasangan merenggang, terlebih jika intensitas hubungan seks juga berkurang.

"Jadi, sangat penting untuk berbagi kasih sayang secara fisik sebagai cara untuk mempertahankan fondasi yang kuat dan hubungan pernikahan yang berkualitas saat sedang hamil," terangnya.

2. Menemukan posisi seks baru

Posisi misionaris atau pria di atas (man on top) dengan tempo yang cukup cepat dapat memberikan terlalu banyak tekanan pada perut kita.

Dengan melakukan hubungan seks secara rutin di masa kehamilan, kita bisa menemukan posisi seks baru yang tetap nyaman untuk perut yang membesar.

Baca juga: Kate Hudson Anggap Seks Bersama Pasangan sebagai Rutinitas Olahraga

3. Seks saat hamil terasa berbeda dan lebih baik

Melakukan hubungan seks saat sedang hamil tentunya akan terasa berbeda dari sebelum masa kehamilan.

Dokter spesialis obgyn di Rumah Sakit Mount Sinai di Toronto, Claire Jones, MD mengungkapkan bahwa kehamilan dapat meningkatkan aliran darah ke area vagina.

"Hal ini bisa meningkatkan sensitivitas, sehingga beberapa wanita mengalami peningkatan orgasme yang luar biasa," jelasnya.

Vagina kita juga lebih dilumasi karena peningkatan estrogen dan payudara kita bisa lebih sensitif dari sebelumnya.

4. Meredakan stres

Orgasme melalui hubungan seks saat sedang hamil ternyata bermanfaat untuk meredakan rasa stres.

Sebab, orgasme membanjiri tubuh kita dengan oksitosin, hormon yang menghasilkan endorfin, yang membuat kita merasa tenang dan bahagia.

"Ketika kita merasa stres, pertimbangkan bahwa seks melepaskan endorfin yang dapat membuat kita merasa lebih aman dan bahkan mengurangi rasa sakit," kata Schwartz.

Baca juga: Pakai Pelumas Tak Hambat Kehamilan, Asalkan..

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com