Kompas.com - 06/08/2021, 07:00 WIB
ilustrasi jerawat Shutterstockilustrasi jerawat

 

KOMPAS.com – Breakout adalah kondisi di mana kulit mengalami iritasi yang menyebabkan mudah timbul jerawat di kulit.

Wajah yang mengalami breakout biasanya ditandai dengan kulit yang memerah akibat peradangan dan banyak muncul jerawat kecil-kecil.

Penyebabnya bisa bermacam-macam, mulai dari make-up atau skincare yang tidak cocok hingga paparan debu atau polusi yang membuat wajah kotor.

Nah, di masa work from home seperti ini, tentu kita lebih jarang terpapar polusi. Artinya, seharusnya kemungkinan wajah mengalami breakout berkurang.

Namun, yang terjadi justru kebalikannya, wajah tetap mengalami breakout meski di dalam rumah saja.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: 5 Cara Cegah Jerawat akibat Sering Pakai Masker

Apa penyebabnya dan bagaimana solusinya?

Menurut PR Manager Mineral Botanica, Ayu Setyorini, ada dua penyebab breakout pada wajah, yaitu faktor internal dan ekternal.

Faktor internal itu antara lain adalah stres dan hormonal, terutama bagi perempuan ketika mengalami menstruasi dan memakan makanan yang salah.

Sementara untuk faktor eksternal, bisa dari polusi, ketidakcocokkan dengan zat kimia dalam skincare, gesekan akibat mengenakan masker, ponsel yang kotor, malas mencuci muka, kurang olahraga, hingga AC.

“Kan kalau di rumah terus, apalagi di masa pandemi begini tuh kita sering stres ya. Nah itu bisa jadi salah satu penyebabnya,” kata Ayu dalam siaran langsung di Instagram Kind of Life, bertajuk “Di Rumah Mulu, Kulit Malah Breakout” pada Kamis (5/8/2021).

Baca juga: Kulit Wajah Kering? Ini Serangkaian Masalah yang Biasanya Mengikuti

Ayu Setyorini, PR Manager Mineral Botanica dalam siaran langsung ?Di Rumah Mulu, Kulit Malah Breakout? pada Kamis (5/8/2021). Ayu Setyorini, PR Manager Mineral Botanica dalam siaran langsung ?Di Rumah Mulu, Kulit Malah Breakout? pada Kamis (5/8/2021).

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.