Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wajah Breakout walau Hanya di Rumah, Apa Penyebab dan Solusinya?

Kompas.com - 06/08/2021, 07:00 WIB
Anya Dellanita,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com – Breakout adalah kondisi di mana kulit mengalami iritasi yang menyebabkan mudah timbul jerawat di kulit.

Wajah yang mengalami breakout biasanya ditandai dengan kulit yang memerah akibat peradangan dan banyak muncul jerawat kecil-kecil.

Penyebabnya bisa bermacam-macam, mulai dari make-up atau skincare yang tidak cocok hingga paparan debu atau polusi yang membuat wajah kotor.

Nah, di masa work from home seperti ini, tentu kita lebih jarang terpapar polusi. Artinya, seharusnya kemungkinan wajah mengalami breakout berkurang.

Namun, yang terjadi justru kebalikannya, wajah tetap mengalami breakout meski di dalam rumah saja.

Baca juga: 5 Cara Cegah Jerawat akibat Sering Pakai Masker

Apa penyebabnya dan bagaimana solusinya?

Menurut PR Manager Mineral Botanica, Ayu Setyorini, ada dua penyebab breakout pada wajah, yaitu faktor internal dan ekternal.

Faktor internal itu antara lain adalah stres dan hormonal, terutama bagi perempuan ketika mengalami menstruasi dan memakan makanan yang salah.

Sementara untuk faktor eksternal, bisa dari polusi, ketidakcocokkan dengan zat kimia dalam skincare, gesekan akibat mengenakan masker, ponsel yang kotor, malas mencuci muka, kurang olahraga, hingga AC.

“Kan kalau di rumah terus, apalagi di masa pandemi begini tuh kita sering stres ya. Nah itu bisa jadi salah satu penyebabnya,” kata Ayu dalam siaran langsung di Instagram Kind of Life, bertajuk “Di Rumah Mulu, Kulit Malah Breakout” pada Kamis (5/8/2021).

Baca juga: Kulit Wajah Kering? Ini Serangkaian Masalah yang Biasanya Mengikuti

Ayu Setyorini, PR Manager Mineral Botanica dalam siaran langsung ?Di Rumah Mulu, Kulit Malah Breakout? pada Kamis (5/8/2021). Ayu Setyorini, PR Manager Mineral Botanica dalam siaran langsung ?Di Rumah Mulu, Kulit Malah Breakout? pada Kamis (5/8/2021).

Untuk itu, Ayu berpendapat bahwa kita tetap harus melakukan hal-hal yang membuat kita bahagia selama berada di rumah saja. Misalnya, jika kita hobi berdandan, lakukanlah meski di rumah.

Ayu juga menjelaskan bahwa AC di rumah bisa menyebabkan muka kering. Karena itu, orang yang bekerja dalam ruangan ber-AC tetapi lupa memakai pelembap bisa mengalami breakout, meski ia tidak pernah ke luar rumah.

“AC itu ngaruh banget karena bikin muka jadi kering. Terkadang kan kalau di rumah tuh kita malas ya pakai pelembap, sunscreen, dan skincare standar lainnya,” kata Ayu.

“Jadi, jangan lupa untuk tetap pakai skincare standar ya meski di dalam rumah,” tambahnya.

Baca juga: Skincare Mengandung Retinol, Apa Saja Manfaatnya?

Gunakan skincare sesuai dengan yang butuhkan kulit. Misalnya, jika kulit kusam, pakailah skincare yang mengandung niacinamide.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com