Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/08/2021, 09:27 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Penyanyi Rihanna belum lama ini resmi menyandang status miliarder. Menurut Forbes, total kekayaan 1,7 miliar dollar AS membuat pelantun Umbrella itu menjadi musisi wanita terkaya di dunia.

Ternyata, sumber kekayaan utama Rihanna bukanlah dari musik, melainkan dari bisnis kecantikan yang dimiliknya, termasuk lini kosmetik Fenty Beauty dan merek lingerie wanita yang diberi nama Savage x Fenty.

Mengutip Kompas.com, Kamis (05/08/2021), Rihanna memiliki 50 persen saham Fenty Beauty, usaha yang dikembangkannya bersama Bernard Arnault, konglomerat barang mewah Prancis.

"Lini kecantikan ini telah membantunya memasuki salah satu daftar paling eksklusif di dunia: miliarder," tulis Forbes.

Saat ini, ada banyak sekali lini kecantikan di dunia, termasuk yang berafiliasi dengan sosok pesohor. Namun, apa yang membuat Fenty Beauty istimewa? Berikut sejumlah fakta tentang Fenty Beauty yang perlu diketahui:

1. Produk dan branding inklusif

Rihanna menegaskan dirinya terjun langsung dalam setiap bagian dari kreasi produknya, termasuk memilih detil produk dan mengurus branding.

British Vogue mengatakan industri kecantikan sebelum dan sesudah Fenty Beauty ikut berubah.

Jika sebelumnya cita-cita kecantikan terdengar tidak realistis dan masih ada masalah keragaman dalam industri kecantikan, Fenty Beauty mengatasi itu semua.

Tak hanya ikut membahasnya, tapi lini kosmetik tersebut juga menawarkan rentang produk yang luas, termasuk 40 rentang foundation yang mencakup warna kulit untuk semua orang dan kampanye branding yang beragam.

"Efek Fenty" masih terus bertahan. Efek itu secara tiba-tiba membuat banyak merek kecantikan mengangkat tema inklusivitas hingga mulai memperluas rentang warna produk mereka untuk mengakomodasi lebih banyak variasi warna kulit.

40 warna itu pum menjadi standar baru. Beberapa bahkan meluncurkan hingga 50, 60, dan bahkan 100 warna untuk mencoba melakukan lebih.

Fenty Beauty terhubung secara emosional dengan para wanita yang telah lama diperlakukan seolah-olah tidak ada oleh industri kecantikan.

Baca juga: Penjualan Fenty Beauty Diprediksi Kalahkan Kylie Cosmetics

2. Bermitra dengan LVMH

Fenty Beauty disebut mengubah industri kecantikan secara luas. Popularitanya tentu saja tak lepas dari sosok Rihanna yang sudah lama dikenal di industri musik.

Namun, Fenty Beauty juga punya dukungan yang kuat di belakangnya. Lini kecantikan yang didirikan pasa 2017 itu berada di bawah payung inkubator kecantikan LVMH, Kendo.

LVMH adalah perusahaan multinasional barang mewah di balik Louis Vuitton, Dior, dan merek ternama lainnya.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com