Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/08/2021, 07:07 WIB
Gading Perkasa,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sering melihat tingkah laku kucing yang mirip dengan kita?

Kucing adalah hewan yang cenderung meniru kepribadian yang dimiliki tuannya. Hal ini dibuktikan dari penelitian terbaru.

Dalam penelitian yang dimuat ke dalam jurnal PLOS One, terungkap kucing meniru kepribadian pemiliknya, terutama sifat seperti ekstroversi, keterbukaan, dan neurotisisme atau stabilitas emosional.

Dalam riset itu, peneliti memantau lebih dari 3.000 pemilik kucing dan mengajukan berbagai pertanyaan untuk mengukur ciri-ciri kepribadian peserta dari Big Five Inventory.

Tes pskologis ini berfokus pada hubungan antara bahasa dan kosa kata dan lima ciri umum manusia, yakni ekstroversi, keramahan, keterbukaan, kesadaran, dan neurotisisme.

Baca juga: Perilaku Anjing Dipengaruhi Tuannya, Benarkah?

Dari situ peneliti mengungkap, ciri-ciri tertentu yang dominan pada pemilik kucing juga ditemukan pada kucing peliharaan mereka.

Sebagai contoh, pemilik kucing yang mendapat nilai tinggi dalam kategori neurotisisme memiliki kucing yang menunjukkan masalah perilaku.

Sedangkan pemilik kucing yang merupakan seorang ekstrovert memiliki kucing yang senang bermain di luar.

Studi ini mengacu pada penelitiansebelumnya tentang bagaimana gaya pengasuhan dapat memengaruhi kepribadian anak.

"Banyak pemilik menganggap hewan peliharaan mereka sebagai anggota keluarga, membentuk ikatan sosial yang erat dengan mereka."

Demikian penuturan co-author studi dan peneliti kesejahteraan hewan Lauren Finka di Nottingham Trent University.

"Oleh karena itu sangat mungkin hewan peliharaan dipengaruhi oleh cara kita berinteraksi dan merawatnya, kedua faktor ini didasari oleh kepribadian kita."

Namun, Finka mencatat masih perlu dilakukan penelitian lebih lanjut tentang hubungan kucing dan manusia, serta sejauh mana sifat dan kebiasaan pemilik kucing memengaruhi perilaku kucing mereka.

Baca juga: 9 Perubahan Perilaku Kucing yang Perlu Diwaspadai

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com