Kompas.com - 07/08/2021, 07:07 WIB
Ilustrasi kucing sedang dielus Unsplash/Paul HanaokaIlustrasi kucing sedang dielus
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Sering melihat tingkah laku kucing yang mirip dengan kita?

Kucing adalah hewan yang cenderung meniru kepribadian yang dimiliki tuannya. Hal ini dibuktikan dari penelitian terbaru.

Dalam penelitian yang dimuat ke dalam jurnal PLOS One, terungkap kucing meniru kepribadian pemiliknya, terutama sifat seperti ekstroversi, keterbukaan, dan neurotisisme atau stabilitas emosional.

Dalam riset itu, peneliti memantau lebih dari 3.000 pemilik kucing dan mengajukan berbagai pertanyaan untuk mengukur ciri-ciri kepribadian peserta dari Big Five Inventory.

Tes pskologis ini berfokus pada hubungan antara bahasa dan kosa kata dan lima ciri umum manusia, yakni ekstroversi, keramahan, keterbukaan, kesadaran, dan neurotisisme.

Baca juga: Perilaku Anjing Dipengaruhi Tuannya, Benarkah?

Dari situ peneliti mengungkap, ciri-ciri tertentu yang dominan pada pemilik kucing juga ditemukan pada kucing peliharaan mereka.

Sebagai contoh, pemilik kucing yang mendapat nilai tinggi dalam kategori neurotisisme memiliki kucing yang menunjukkan masalah perilaku.

Sedangkan pemilik kucing yang merupakan seorang ekstrovert memiliki kucing yang senang bermain di luar.

Studi ini mengacu pada penelitiansebelumnya tentang bagaimana gaya pengasuhan dapat memengaruhi kepribadian anak.

"Banyak pemilik menganggap hewan peliharaan mereka sebagai anggota keluarga, membentuk ikatan sosial yang erat dengan mereka."

Demikian penuturan co-author studi dan peneliti kesejahteraan hewan Lauren Finka di Nottingham Trent University.

"Oleh karena itu sangat mungkin hewan peliharaan dipengaruhi oleh cara kita berinteraksi dan merawatnya, kedua faktor ini didasari oleh kepribadian kita."

Namun, Finka mencatat masih perlu dilakukan penelitian lebih lanjut tentang hubungan kucing dan manusia, serta sejauh mana sifat dan kebiasaan pemilik kucing memengaruhi perilaku kucing mereka.

Baca juga: 9 Perubahan Perilaku Kucing yang Perlu Diwaspadai

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.