Kompas.com - 07/08/2021, 18:09 WIB
Ilustrasi pasien Covid-19, isolasi mandiri, pemeriksaan setelah isolasi mandiri, isoman. FREEPIK/PROSTOOLEHIlustrasi pasien Covid-19, isolasi mandiri, pemeriksaan setelah isolasi mandiri, isoman.
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Selama masa pandemi media sosial dibanjiri berita hoaks seputar Covid-19.

Kementrian Komunikasi dan Informatika mencatat 1.828 konten hoaks mengenai Covid-19 tersebar melalui media sosial sejak Januari 2020 hingga awal Agustus 2021.

Peredaran hoaks atau berita bohong terkait virus corona bukan hanya menciptakan kebingungan, melainkan juga berisiko membahayakan kesehatan.

Dr Siti Nadia Tarmizi, M.Epid, Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementrian Kesehatan RI menuturkan, pemberitaan Covid-19 yang tidak valid berdampak pada proses pemulihan individu yang sedang menjalani isolasi mandiri (isoman).

"Informasi keliru mengenai Covid-19 tidak hanya membingungkan masyarakat, tetapi juga membahayakan kesehatan."

Demikian pemaparan Siti dalam webinar "Hoaks, Fakta atau Sains? Berita Keliru Seputar Covid-19 Ancam Pejuang Isoman" yang diadakan Sabtu (7/8/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Webinar tersebut merupakan program dari pusat informasi kesehatan HelloSehat yang bekerja sama dengan Kementrian Kesehatan, dan didukung Redoxon.

Dia menjelaskan, pemerintah melalui Kementrian Kesehatan sudah memberikan informasi berdasarkan sains untuk penanganan Covid-19 secara menyeluruh, termasuk tatalaksana bagi pasien isoman.

"Tatalaksana itu mencakup pedoman isoman, seperti panduan menjaga rumah tetap higienis, panduan terkait konsumsi obat-obatan, serta pentingnya asupan nutrisi tambahan untuk membangun kekebalan tubuh," katanya.

Baca juga: 4 Poin Penting Isoman Aman di Rumah, Menurut Pakar

Aturan isolasi mandiri bagi pasien Covid-19

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.