Kompas.com - 07/08/2021, 22:41 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Saat kita dihadapkan dengan makanan yang menurut kita rasanya hambar, biasanya kita segera mengambil garam dan merica atau lada. 

Menambahkan garam terlalu banyak akan merugikan kesehatan, namun menggunakan lada hitam dalam jumlah tepat hampir tidak berbahaya untuk kita.

Meskipun belum ada riset ekstensif tentang lada hitam, penelitian yang telah dilakukan menunjukkan sejumlah manfaat kesehatan dari penggunaan lada, termasuk:

1. Antioksidan

Piperin alkaloid adalah senyawa kunci dalam lada hitam yang bermanfaat bagi kesehatan, termasuk memberikan sifat antioksidan.

Gillian Culbertson, RD, seorang ahli diet mengatakan bahwa studi piperin pada tikus telah menunjukkan sifat antioksidan ini, meskipun bukti pada manusia masih kurang.

2. Anti-inflamasi

"Piperine juga telah dikaitkan dengan potensi manfaat anti-inflamasi," kata Culbertson.

"Setidaknya satu penelitian menunjukkan bahwa lada hitam, bila dikombinasikan dengan kunyit dan jahe, memiliki efek anti-inflamasi pada tingkat yang sama dengan obat resep untuk pasien dengan osteoarthritis lutut."

3. Penambah nutrisi

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.