Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Minuman Terbaik untuk Kurangi Peradangan di dalam Tubuh, Apa Itu?

Kompas.com - 08/08/2021, 08:45 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

Sumber Eat This

KOMPAS.com - Peradangan atau inflamasi di dalam tubuh dapat terjadi dengan berbagai cara, baik itu nyeri otot, kekakuan pada persendian, dan peradangan kronis akibat berbagai penyakit lainnya.

Meskipun mengonsumsi makanan anti-inflamasi penting untuk mengurangi risiko berbagai penyakit kronis, ada satu minuman khusus yang dapat membantu mengurangi peradangan, yakni jus ceri asam.

Baca juga: Rekomendasi Pola Makan Sehat untuk Cegah Inflamasi Berlebihan

"Salah satu minuman terbaik untuk mengurangi peradangan adalah jus ceri asam yang dibuat dari ceri Montmorency," kata ahli nutrisi dan penulis The Sports Nutrition Playbook, Amy Goodson, MS, RD, CSSD, LD.

"Ceri asam ini mengandung antioksidan kuat yang disebut anthocyanin," lanjut dia.

Menurut Goodson, peradangan biasanya terjadi ketika sistem kekebalan tubuh menemukan zat asing dan antioksidan sangat kuat dalam mengurangi efeknya.

"Antioksidan seperti buah ini membantu menyangga radikal bebas dalam tubuh yang menyebabkan kerusakan sel," ujar dia.

Beberapa penelitian telah menunjukkan, jus ceri asam dapat membantu secara signifikan pemulihan olahraga dan membantu mengurangi nyeri otot setelah berolahraga.

Baca juga: Diet Anti-Inflamasi Diklaim Mampu Perpanjang Usia

"Jus ceri asam juga terbukti membantu mengurangi rasa sakit dan kekakuan yang terkait dengan radang sendi, serta gangguan nyeri sendi lainnya," ungkap Goodson.

Secara khusus, jus ceri asam telah dikaitkan dengan membantu pemulihan olahraga berkat adanya kandungan karbohidrat.

Goodson mengatakan, dalam hal pemulihan setelah berolahraga, jus ceri asam memberikan karbohidrat untuk membantu mengisi kembali simpanan karbohidrat yang digunakan sebagai energi selama berolahraga.

"Penting untuk dicatat, segenggam ceri asam tidak memiliki efek yang sama karena jus ceri asam mengandung lebih banyak ceri daripada yang kita makan saat camilan," ungkap dia.

Baca juga: Waspadai, 5 Makanan Ini Dikenal Bisa Sebabkan Peradangan

"Tergantung pada mereknya, jus ceri asam biasanya mengandung 50 atau lebih ceri asam di dalamnya, sekitar porsi 226 gram per sajian," imbuh dia.

Jadi, jika kita ingin mengurangi peradangan di dalam tubuh, terutama setelah berolahraga keras, minumlah jus ceri asam untuk meningkatkan antioksidan, atau lebih baik lagi dibuat menjadi smoothie.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Eat This
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com