Kompas.com - 08/08/2021, 08:45 WIB

KOMPAS.com - Peradangan atau inflamasi di dalam tubuh dapat terjadi dengan berbagai cara, baik itu nyeri otot, kekakuan pada persendian, dan peradangan kronis akibat berbagai penyakit lainnya.

Meskipun mengonsumsi makanan anti-inflamasi penting untuk mengurangi risiko berbagai penyakit kronis, ada satu minuman khusus yang dapat membantu mengurangi peradangan, yakni jus ceri asam.

Baca juga: Rekomendasi Pola Makan Sehat untuk Cegah Inflamasi Berlebihan

"Salah satu minuman terbaik untuk mengurangi peradangan adalah jus ceri asam yang dibuat dari ceri Montmorency," kata ahli nutrisi dan penulis The Sports Nutrition Playbook, Amy Goodson, MS, RD, CSSD, LD.

"Ceri asam ini mengandung antioksidan kuat yang disebut anthocyanin," lanjut dia.

Menurut Goodson, peradangan biasanya terjadi ketika sistem kekebalan tubuh menemukan zat asing dan antioksidan sangat kuat dalam mengurangi efeknya.

"Antioksidan seperti buah ini membantu menyangga radikal bebas dalam tubuh yang menyebabkan kerusakan sel," ujar dia.

Beberapa penelitian telah menunjukkan, jus ceri asam dapat membantu secara signifikan pemulihan olahraga dan membantu mengurangi nyeri otot setelah berolahraga.

Baca juga: Diet Anti-Inflamasi Diklaim Mampu Perpanjang Usia

"Jus ceri asam juga terbukti membantu mengurangi rasa sakit dan kekakuan yang terkait dengan radang sendi, serta gangguan nyeri sendi lainnya," ungkap Goodson.

Secara khusus, jus ceri asam telah dikaitkan dengan membantu pemulihan olahraga berkat adanya kandungan karbohidrat.

Goodson mengatakan, dalam hal pemulihan setelah berolahraga, jus ceri asam memberikan karbohidrat untuk membantu mengisi kembali simpanan karbohidrat yang digunakan sebagai energi selama berolahraga.

"Penting untuk dicatat, segenggam ceri asam tidak memiliki efek yang sama karena jus ceri asam mengandung lebih banyak ceri daripada yang kita makan saat camilan," ungkap dia.

Baca juga: Waspadai, 5 Makanan Ini Dikenal Bisa Sebabkan Peradangan

"Tergantung pada mereknya, jus ceri asam biasanya mengandung 50 atau lebih ceri asam di dalamnya, sekitar porsi 226 gram per sajian," imbuh dia.

Jadi, jika kita ingin mengurangi peradangan di dalam tubuh, terutama setelah berolahraga keras, minumlah jus ceri asam untuk meningkatkan antioksidan, atau lebih baik lagi dibuat menjadi smoothie.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Eat This
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.