Kompas.com - 08/08/2021, 09:58 WIB

KOMPAS.com - Pada sebuah foto, Susilo Bambang Yudhoyono atau akrab disapa SBY tampak berdiri bersebelahan dengan sebuah kanvas yang sudah dilukis penuh.

Lukisan itu menampilkan debur ombak di lautan. Warna air laut yang biru kehijauan tampak berpadu dengan warna langit yang cerah. Begitu menyegarkan mata meski hanya dalam bentuk lukisan.

Foto SBY bersama lukisannya itu kemudian diunggah oleh sejumlah politisi Partai Demokrat melalui media sosial, termasuk Sekretaris Majelis Tinggi Partai Demokrat, Andi A Mallarangeng.

Menurut keterangan foto yang dicantumkannya, judul lukisan yang dibuat menggunakan cat akrilik itu adalah "Debur Ombak di Pantai Pacitan".

Rupanya, melukis jadi salah satu kegiatan Presiden Ke-6 RI selama pandemi Covid-19.

"Sebagai pelukis baru memang perlu banyak eksperimen dengan alat dan teknik. Tapi beliau menikmati betul kegiatan melukis di studio kediamannya di Cikeas selama pandemi dan PPKM ini," tulis Andi.

Melukis tampaknya membuat SBY kembali bersemangat sepeninggalan istrinya, Ani Yudhoyono.

"Sudah lama saya tidak melihat wajah Pak SBY yang cerah seperti ini, sejak Ibu Ani meninggal. Sepertinya, aktivitas seni seperti melukis bisa membuat hati lebih tenang, menghaluskan rasa, dan memunculkan pikiran-pikiran cemerlang," tambah Andi.

Baca juga: Cerita tentang SBY yang Tekuni Hobi Melukis Selama PPKM...

Manfaat seni di masa pandemi

SBY bukan figur pertama yang menunjukkan kegemarannya melukis di masa pandemi. Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil adalah salah satu figur lain yang menggunakan aktivitas melukis sebagai salah satu cara menenangkan diri di masa pandemi.

Politisi yang akrab disapa Emil itu bahkan membagikan beberapa karyanya melalui media sosial.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.