Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belum Punya Pengalaman Kerja, Harus Tulis Apa di CV?

Kompas.com - 08/08/2021, 15:52 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Curriculum Vitae (CV) adalah bagian penting dalam berkas lamaran kerja. Biasanya, CV atau resume berisi pengalaman kerja yang kita miliki dan relevan dengan posisi pekerjaan yang dilamar.

Lalu, bagi fresh graduate yang belum memiliki pengalaman kerja, informasi apa yang sebaiknya dicantumkan untuk menggantikan informasi pengalaman kerja?

Training Manager JobStreet, Guyub Pranandhono mengatakan, fresh graduate dapat mencantumkan detil pengalaman yang sekiranya membuat perusahaan memahami potensi diri pelamar kerja.

Itu bisa berarti pengalaman berorganisasi, relawan atau aktivitas lain yang relevan.

"CV adalah ringkasan cerita kita. Jadi saat HRD lihat CV kita mereka tahu potensinya apa. Masukkan sesuatu yang bisa menjual diri kita," ucapnya dalam Virtual Career Fair, belum lama ini.

Baca juga: 4 Hal Penting pada CV yang Bakal Dilirik HRD

Pengalaman menjadi pimpinan organisasi, misalnya, dapat dicantumkan sebagai bagian dari CV. Begitu pula pengalaman sebagai relawan pada satu kegiatan.

"Relawan kan cuma tidak dibayar tapi melakukan sesuatu juga. Relawan di Wisma Atlet, misalnya, walaupun relawan tapi teman-teman kan belajar logistik, makanan masuk bagaimana, mengatur katering, dan sebagainya. Itu adalah suatu ilmu," ucapnya.

Bahkan, pengalaman menjalankan usaha, seperti menjalankan toko online, juga dapat dicantumkan pada CV.

Jangan lupa merinci semua deskripsi pekerjaan dari kegiatan-kegiatan yang dicantumkan sehingga HRD memiliki gambaran tentang kemampuan apa saja yang kita miliki.

"Punya toko online, misalnya, kalian mikirin marketing dan sales juga dong? Bagaimana agar barang dagangan laku, dapat supplier yang bagus, harga murah, itu semua kan butuh ilmu."

"Kita bisa tulis memiliki kemampuan memutuskan produk yang dijual, mencari distributor, memasarkan baik sales atau marketing, itu adalah skill yang bagus dan bisa ditulis (di CV)," kata Guyub.

Baca juga: Pelamar Kerja Harus Tahu, Ini 6 Hal yang Jadi Perhatian HRD

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com