Kompas.com - 09/08/2021, 11:37 WIB
Ilustrasi anak bermain shutterstockIlustrasi anak bermain

KOMPAS.com - Sebagian orang berpendapat bahwa tugas terbesar menjadi seorang ibu adalah memastikan anak-anak dapat tumbuh sehat sebagai orang dewasa yang fungsional, dan bertanggung jawab suatu hari nanti.

Maka dari itu, hal-hal yang kita lakukan ketika anak-anak kita masih kecil dapat secara langsung memengaruhi perkembangannya menjadi orang dewasa.

Menurut Medical Xpress, sebuah penelitian terbaru menyebutkan bahwa anak-anak yang dibiarkan bebas bermain dan berkeliaran akan menjadi orang dewasa yang percaya diri.

Ketika berbicara tentang bebas berkeliaran, yang dimaksudkan oleh para peneliti adalah seberapa jauh seorang anak diizinkan untuk pergi dari rumah tanpa pengawasan orang dewasa.

Baca juga: Pandemi, Kesehatan Mental Anak Sama Rentannya dengan Orangtua

Waktu telah mengubah seberapa aman dunia ini dan anak-anak biasanya tidak diizinkan pergi jauh dari rumah tanpa ditemani orang dewasa lagi.

Jika kita melihat ke belakang, mungkin sekitar beberapa puluh tahun yang lalu, kita akan melihat sekelompok anak-anak berjalan ke taman lokal sendiri dan disuruh pulang sebelum petang.

Namun, orangtua tidak lagi merasa aman melepaskan anaknya keluar rumah sendiri karena lingkungan luar dianggap berbahaya.

Tetapi para peneliti menemukan bahwa anak-anak yang dibiarkan berkeliaran sendiri lebih mungkin menjadi navigator yang lebih baik dan lebih percaya diri sebagai orang dewasa, daripada anak-anak yang memiliki lebih banyak batasan.

Penelitian ini mengamati 159 mahasiswa S1 dan menanyakan serangkaian pertanyaan tentang masa kecil mereka dan apakah mereka memiliki pengalaman menavigasi lingkungan mereka sendiri.

Baca juga: 10 Kesalahan Orangtua dalam Mendidik Anak Remaja

Partisipan melaporkan seberapa sering mereka diizinkan pergi ke luar untuk mengerjakan tugas dan seberapa jauh mereka diizinkan bepergian tanpa pendamping.

Hasilnya pun menunjukkan bahwa menjalankan tugas tidak banyak mempengaruhi kepercayaan diri mereka, tetapi jarak di mana mereka diizinkan untuk melakukan perjalanan jauh dari rumah adalah yang membuat perbedaan.

Penelitian ini juga memperlihatkan perbedaan gender. Di mana, anak laki-laki cenderung tumbuh dengan lebih banyak uang saku ketika harus bepergian jauh dari rumah sendiri, dan dengan demikian, mereka lebih percaya diri dalam navigasi sekarang.

Baca juga: 9 Cara Membangun Rasa Percaya Diri Anak Perempuan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Moms
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.