Kompas.com - 09/08/2021, 13:20 WIB

KOMPAS.com – Membeli barang-barang keluaran rumah mode layak pakai (preloved) memang bukan hal tabu, apalagi untuk produk yang termasuk langka. Tak heran jika pasar luxury second hand diprediksi terus meningkat.

Jika sebelumnya penjualan dan pembelian barang preloved kebanyakan dilakukan secara langsung, kini selama pandemi semua harus dilakukan secara online.

Fashion stylist, Bimo Permadi, mengatakan, selama pandemi ini pasar penjualan barang preloved di tanah air terus menunjukkan grafik peningkatan.

Preloved market sedang bagus karena banyak barang-barang rare yang tidak bisa ditemukan sebelum pandemi. Kebanyakan dalam kondisi masih bagus. Mungkin banyak ingin menjual barang yang tidak dipakai lagi atau sedang butuh uang,” kata Bimo dalam acara peluncuran Ginger.luxthing secara virtual (7/8).

Walau pun termasuk barang second hand, namun luxury preloved tetap relatif mahal. Krena itu kita perlu berhati-hati saat melakukan jual beli secara online.

Baca juga: Tips Pilih Tas Branded untuk Pemula

“Konsumen memang harus smart. Sebenarnya kalau pecinta fashion dari foto saja sudah bisa kelihatan berapa persen kondisi barang. Hati-hati juga kalau terasa tidak mungkin, misalnya untuk harga,” ujar Bimo.

Jika kita berminat membeli suatu barang, menonton Live Instagram, menurut Bimo, bisa menjadi alternatif untuk melihat kondisi barang.

“Karena kita bisa melihat barangnya secara langsung, juga melihat detail-detailnya. Tetapi hati-hati dengan IG Live yang fitur komentarnya dimatikan. Ada yang ternyata itu adalah rekaman. Banyak juga yang berbohong,” sarannya.

Pendiri Ginger.Luxthings, Marisa dan Adellia. Dok pribadi Pendiri Ginger.Luxthings, Marisa dan Adellia.

Peluncuran Ginger.Luxthings

Para pecinta fashion tentu sudah akrab dengan e-commerce jual beli preloved branded item terpercaya, Adelsbrandedbags Preloved Boutique dan Irresistible Bazaar yang digawangi oleh Marisa Tumbuan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.