Kompas.com - 09/08/2021, 13:57 WIB

KOMPAS.com - Hidup sehat dan panjang umur tak ditentukan oleh seberapa banyak jus segar atau suplemen mahal yang kita konsumsi. Ini lebih kepada gaya hidup yang kita jalani sepanjang usia dan lingkungan sekitar.

Pada 2019, jurnalis sekaligus penulis Destination Wellness: Global Secrets for Better Living Wherever You Are, Annie Daly meninggalkan kehidupan yang sibuk di New York untuk bepergian dan mencari rahasia kebahagiaan dari berbagai belahan dunia.

Ia pergi ke enam wilayah berbeda, termasuk Norwegia, Hawaii, dan Jepang. Kemudian, Daly mewawancarai lebih dari 100 penduduk lokal dan pakar tentang gaya hidup mereka.

Berikut tiga rahasia kebahagiaan para penduduk paling panjang umur di dunia yang ia temukan:

1. Banyak menghabiskan waktu di luar ruangan

Annie mengingat salah seorang temannya dari Norwegia mengenalkan filosofi friluftsliv, yang artinya "kehidupan udara bebas".

Penganut friluftsliv menggambarkannya sebagai perasaan mendasar seseorang untuk menghabiskan waktu di luar ruangan sebanyak mungkin.

Tak peduli fakta bahwa Norwegia cukup sering diguyur hujan sepanjang tahun atau matahari tidak terbit selama tiga bulan di wilayah tertentu, orang-orang Norwegia selalu berusaha untuk berada di luar ruangan.

Untuk diketahui, penduduk Norwegia termasuk orang-orang dengan harapan hidup tertinggi di dunia.

Bagi mereka, banyak menghabiskan waktu di luar ruangan membantu meningkatkan suasana hati, kesehatan mental, dan kesejahteraan emosional.

Ia kemudian membandingkan dengan penduduk di negara asalnya. Orang-orang di Amerika Serikat rata-rata tidak menghabiskan cukup waktu di luar.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber CNBC
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.