Kompas.com - 09/08/2021, 16:12 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi

KOMPAS.com - Penderita diabetes yang kegemukan memang disarankan untuk menurunkan berat badannya. Berhasil mengurangi 5 persen dari total berat badan saja sudah berdampak dramatis pada kesehatan.

Dijelaskan oleh Andrea Dunn, RD, seorang ahli diet di Clevaland Clinic, penurunan berat badan tidak hanya memperbaiki kadar gula darah, tetapi juga dapat menurunkan tekanan darah tinggi, risiko penyakit jantung, dan bahkan jumlah obat yang kita minum.

Dunn menyarankan untuk fokus pada nutrisi yang baik dan perubahan yang dapat kita lakukan agar diet yang kita lakukan berhasil.

Baca juga: 4 Pilihan Susu Terbaik untuk Pengidap Diabetes, Sudah Tahu?

Obesitas merupakan faktor risiko utama resistensi insulin, yang dapat menyebabkan diabetes tipe 2. Hal ini juga merupakan hambatan utama untuk mencapai kontrol gula darah jangka panjang.

Tetapi penurunan berat badan bisa menjadi penangkal yang efektif. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kehilangan 16 persen dari kelebihan berat badan dapat memperbaiki kadar gula darah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Empat diet untuk penderita diabetes

Penderita diabetes perlu memilih pola makan yang bisa membantu mengurangi asupan kalori, namun nutrisi lengkap. Berikut adalah empat jenis diet yang disarankan:

1. Diet DASH

DASH adalah singkatan dari Dietary Approaches to Stop Hypertension. Diet ini sebenarnya diciptakan untuk membantu menurunkan tekanan darah, tetapi manfaat diet DASH justru melampaui itu.

Diet DASH kaya akan buah-buahan, sayuran, biji-bijian, rendah lemak, gula dan sodium. Misalnya, pada diet DASH 1.600 kalori per hari terdiri dari:

  • Biji-bijian: Enam porsi. Pilih setidaknya tiga yang utuh, seperti beras merah atau oatmeal.
  • Sayuran: Tiga hingga empat porsi.
  • Buah: Empat porsi.
  • Susu: Dua atau tiga porsi.
  • Daging: Tidak lebih dari enam porsi. Dalam hal ini, satu porsi adalah 1 ons.
  • Kacang-kacangan, biji-bijian, buncis atau lentil: Tiga porsi setiap minggu.

Baca juga: Hal yang Perlu Diketahui dari Diet DASH untuk Atasi Hipertensi

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.