Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/08/2021, 08:15 WIB
Anya Dellanita,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber People

KOMPAS.com – Isu soal frekuensi mandi kembali mencuat setelah beberapa selebritas seperti Ashton Kutcher, Kristen Bell, dan Jake Gyllenhaal mengungkapkan bahwa mereka merasa tidak perlu mandi setiap hari.

Namun, berbeda dengan Dwayne Johnson. Bintang Jungle Cruise ini malah mengakui bahwa dirinya tidak berpihak pada deretan para selebritas di atas.

"Nope, aku lawan dari para seleb ‘tidak mandi’” itu, tulis Johnson di akun Twitter-nya pada Jumat (6/8/2021) lalu.

"Mandi (air dingin) setelah bangun tidur untuk membuat hariku bersemangat. Mandi (air hangat) setelah olahraga sebelum bekerja. Mandi (air panas) setelah sampai di rumah sepulang bekerja. Cuci muka, mandi, exfoliate dan aku bernyanyi (dengan buta nada) di kamar mandi,” ujar pria berumur 49 tahun itu.

Baca juga: Dwayne Johnson Buka Kartu soal Otot Perutnya yang Tak Six Pack

Perdebatan soal mandi ini dimulai pada bulan lalu setelah Kutcher (43) dan istrinya Mila Kunis hadir di podcast Dax Shepard's Armchair Expert.

"Jika kau melihat kotoran pada mereka, mandikan. Jika tidak, tidak ada artinya,” ujar Kutcher tentang putrinya, Wyatt Isabelle (6), dan putranya, Dimitri Portwood (4).

“Saat aku memiliki anak, aku tidak memandikan mereka setiap hari. Aku bukanlah tipe orangtua yang memandikan bayi mereka,” tambah Kunis.

Hal serupa dikatakan oleh Shepard (46) dan istrinya Bell (41), saat keduanya hadir di The View. Pasangan ini mengakui bahwa mereka menerapkan metode “tunggu hingga bau” pada putri mereka, Lincoln (8), dan Delta (6).

"Aku memilih untuk menunggu mereka bau. Saat mencium bau, itulah cara alami untuk memberi tahu bahwa kita perlu membersihkannya," kata Bell.

Gyllenhal (40) juga memiliki komentar serupa. Meski ia belum memiliki anak, ia mengakui bahwa ia terkadang pergi ke luar rumah tanpa mandi terlebih dahulu, tanpa melupakan kebersihan mulutnya.

Baca juga: Jarang Mandi? Kenali Dampaknya pada Tubuh

“Semakin hari, semakin saya berpikir bahwa mandi itu tidak terlalu diperlukan. Aku meyakininya karena Elvis Costello luar biasa, ia menunjukkan bahwa sopan santun dan bau mulut tidak membawa kita kemanapun. Jadi, aku selalu menyikat gigi,” katanya.

"Saya juga berpikir bahwa tidak mandi sangat membantu untuk perawatan kulit, dan kita secara alami membersihkan diri kita sendiri," tambah Gyllenhaal.

Memang, banyak netizen yang merespon tren ini dengan tatapan jijik. Kendati demikian, sebuah penelitian dari Harvard Health Publishing menemukan bahwa mandi setiap hari tidak diperlukan dan dapat merugikan.

Selain membuat kulit kering dan iritasi, mandi rutin dapat menyebabkan infeksi dan membunuh bakteri baik. Namun, perlu diingat bahwa penelitian itu dilakukan di negara empat musim.

Selain itu, stimulasi dari kotoran, mikroorganisme, dan faktor lingkungan lainnya dapat membentuk antibodi perlindungan dan "immune memory," yang menjadi alasan mengapa dokter anak dan dokter kulit menyarankan agar tidak memandikan anak setiap hari.

“Meskipun tidak ada frekuensi ideal, para ahli menyarankan bahwa mandi beberapa kali per minggu sudah cukup bagi kebanyakan orang (kecuali jika tubuh kotor, berkeringat, dan lain-lain).

Penelitian juga menyimpulkan bahwa mandi singkat (berlangsung tiga atau empat menit) dengan fokus pada ketiak dan selangkangan saja mungkin sudah cukup,” kata dia.

Baca juga: Benarkah Mandi Air Dingin Meredakan Kecemasan?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber People
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com