Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/08/2021, 11:38 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber Her World

KOMPAS.com - Banyak faktor yang memengaruhi kepuasan hubungan seks, salah satunya munculnya gangguan pencernaan akibat makan berlebihan di malam hari.

Jenis gangguan pencernaan yang banyak dialami adalah perut kembung. Efeknya perut jadi tidak nyaman dan tubuh menjadi lebih berat.  

Agar rencana bermesraan di ranjang dengan pasangan tidak terganggu, ketahui apa saja yang bisa dilakukan saat mengalami gangguan pencernaan. Seksolog klinis di Eros Coaching, Dr Martha Tara Lee memberi tahu tipsnya:

Baca juga: Sembarangan Diet Kalori Berdampak Buruk pada Pencernaan

1. Menutupinya

Perasaan kembung adalah sensasi internal dan manifestasi fisik. Sering kali, itu lebih merupakan perasaan dan bukan kenyataan.

Saat kita merasa tidak nyaman, kenakan sesuatu yang dapat menutupi bagian perut yang terasa kembung dan penuh.

Mengenakan pakaian yang seksi dan menggairahkan seperti lingerie juga dapat membantu kita menonjolkan bagian tubuh yang kita sukai dan membuat pengalaman seksual lebih baik.

2. Berpura-puralah sampai berhasil

Kita cenderung terlalu banyak berpikir saat merasa kembung dan tidak nyaman dengan penampilan kita.

Namun, apabila kita tetap ingin berhubungan seks, cobalah berpura-pura menjadi orang lain sampai segalanya terasa alami dan menciptakan normal yang baru.

Kita juga dapat memulainya dengan menggunakan self-talk positif setiap kali melihat diri di cermin seperti mengatakan kepada diri sendiri kalau kita sangat seksi, bahkan jika kita merasa kembung.

Baca juga: 10 Manfaat Hubungan Seks dengan Pasangan

3. Mengeksplorasi berbagai variasi

Hubungan seks tidak selalu harus terjadi penetrasi dan melakukan gerakan dengan cara yang sama sepanjang waktu karena itu bisa sangat membosankan.

Tawarkan kepada pasangan untuk melakukan hal lain sesekali sebagai variasi seperti memberikan hand job atau melakukan oral seks fellatio.

Kita juga mungkin dapat memberi tahu pasangan bahwa kita sedang kembung dan merasa tidak baik-baik saja, namun tetap ingin berhubungan seks.

Halaman:
Baca tentang
Sumber Her World
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com