Kompas.com - 10/08/2021, 14:00 WIB
Ilustrasi lansia PexelsIlustrasi lansia

KOMPAS.com – Mungkin kita merasa satu atau dua dekade lebih muda dari usia sebenarnya, tetapi penuaan pada akhirnya akan muncul dan kita rasakan secara nyata.

Ketika akhirnya kita merasa sudah tua, itu artinya kita perlu untuk lebih serius memperhatikan kesehatan dan meninggalkan kebiasaan buruk.

Dr. Krystal L. Culler, DBH, MA, pendiri Pusat Kesehatan Otak Virtual mengatakan bahwa tidak ada kata terlambat untuk memulai kebiasaan sehat pada usia berapa pun. Perubahan kecil membawa hasil jangka panjang untuk kesejahteraan hidup kita.

"Maka dari itu, mulailah hari ini dan dapatkan manfaatnya untuk otak dan tubuh kita," ujarnya.

Baca juga: Berapa Tekanan Darah Normal pada Lansia?

1. Malas minum

Manish B. Patel, DO, seorang ahli fisioterapi menjelaskan, seiring bertambahnya usia, rasa haus berkurang. Orang yang lebih tua cenderung lebih banyak mengalami dehidrasi daripada orang yang lebih muda karena tidak merasakan rasa haus.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hal ini dapat menyebabkan masalah infeksi saluran kemih, fluktuasi tekanan darah, penurunan aktivitas, kelelahan, mau pun kelainan elektrolit.

"Aturan praktis yang baik adalah bahwa air seni kita harus berwarna kuning muda mirip dengan jerami. Jika terlalu gelap, maka itu berarti kita tidak cukup minum. Jika jernih, maka kita minum terlalu banyak air."

2. Tidak mengubah latihan olahraga

"Banyak orang yang ingin mulai berolahraga atau yang telah berolahraga di masa lampau kembali berolahraga. Mereka melakukan latihan yang telah mereka lakukan selama ini,"

Halaman:


Sumber eatthis
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.