Kompas.com - 10/08/2021, 15:48 WIB
Paket beras bergambar wajah bayi untuk para kerabat. GuardianPaket beras bergambar wajah bayi untuk para kerabat.

KOMPAS.com - Orangtua di Jepang punya solusi unik dan kreatif untuk merayakan momen kebahagiaan kelahiran bayinya, sembari tetap mematuhi protokol kesehatan demi mencegah infeksi Covid-19.

Masyarakat Jepang memiliki tradisi yang mirip dengan di Indonesia, saling mengunjungi apabila ada kerabat atau kenalan yang baru melahirkan. Mereka akan menjenguk untuk bertemu ibu dan si bayi sambil membawakan bingkisan sebagai kado.

Sayangnya, kebiasaan baik ini harus terhenti selama pandemi untuk mencegah penyebaran virus corona.

Sebagai gantinya, orangtua baru di Jepang mengirimkan beras yang beratnya sama dengan bayi mereka kepada kerabat yang tidak dapat mengunjungi mereka karena pandemi.

Baca juga: 7 Pantangan Saat Menjenguk Bayi Baru Lahir

Beras tersebut dikemas dalam karung bergambarkan wajah bayi sehingga seakan-akan kerabat dapat memeluk si bayi itu sendiri.

Ada berbagai desain karung beras yang tersedia, namun yang paling banyak dipakai adalah kemasan yang berupa wajah bayi dibungkus selimut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dengan tambahan jumlah beras yang sesuai, rasanya agak serupa ketika kita menggendong bayi, hal yang kerap dilakukan saat mengunjungi ibu melahirkan.

Orangtua yang tertarik bisa memesan bingkisan ini kepada sejumlah pengusaha di Jepang, termasuk Naruo Ono, pemilik toko nasi Kome no Zoto Yoshimiya. Biayanya berkisar satu yen per gram sehingga harganya akan lebih mahal jika bayi semakin berat.

Beberapa toko mengenakan biaya paket 3,5kg dengan harga 3.500 yen atau sekitar Rp 450.000.

Ide unik sebenarnya bukan baru tercipta di masa pandemi saja. Naruo mengatakan telah melakukannya sejak 14 tahun lalu ketika putranya lahir.

Halaman:


Sumber Guardian
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.