Kompas.com - 11/08/2021, 08:43 WIB
Pebulu tangkis ganda putri peraih medali emas Olimpiade Tokyo 2020, Greysia Polii berpose setiba di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Rabu (4/8/2021).   Selain Greysia dan Apriyani, pebulu tangkis Anthony Ginting, Praveen Jordan, lifter Rahmat Erwin Abdullah, Nurul Akmal, petembak Vidya Rafika, sprinter Lalu Muhammad Zohri, dan Alvin Tehupeiory juga termasuk dalam kloter terakhir kepulangan kontingen Indonesia dari Olimpiade Tokyo. ANTARA FOTO/ADITYA PRADANA PUTRAPebulu tangkis ganda putri peraih medali emas Olimpiade Tokyo 2020, Greysia Polii berpose setiba di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Rabu (4/8/2021). Selain Greysia dan Apriyani, pebulu tangkis Anthony Ginting, Praveen Jordan, lifter Rahmat Erwin Abdullah, Nurul Akmal, petembak Vidya Rafika, sprinter Lalu Muhammad Zohri, dan Alvin Tehupeiory juga termasuk dalam kloter terakhir kepulangan kontingen Indonesia dari Olimpiade Tokyo.

KOMPAS.com - Penggemar olahraga dari seluruh dunia berkumpul di media sosial sepanjang penyelenggaraan Olimpiade Tokyo 2020 untuk mendukung atlet dari negara masing-masing. Termasuk melalui Twitter.

Media sosial dengan ikon burung biru ini menjadi tempat para penggemar merayakan kemenangan yang mengharukan, terhubung langsung dengan para atlet, hingga menyemangati para atlet yang belum berhasil meraih medali.

Di Indonesia sendiri, Twitter mencatat ada 5,1 juta tweet tentang Olimpiade Tokyo 2020 selama periode 23 Juli hingga 8 Agustus 2021.

Dari jumlah tersebut, ternyata hampir 2 juta tweet diunggah pada momen ketika Greysia Polii dan Apriyani Rahayu memenangkan medali emas untuk Indonesia.

Greysia Polii dan Apriyani Rahayu berhasil mendapatkan medali emas di olimpiade 2020ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWAN Greysia Polii dan Apriyani Rahayu berhasil mendapatkan medali emas di olimpiade 2020
Twitter juga mencatat lima atlet paling banyak dibicarakan selama Olimpiade Tokyo 2020. Di antaranya, Greysia Polii menempati posisi kelima.

"Bersama dengan jajaran atlet terkemuka dunia, Greysia Polii (@GreysPolii) masuk ke peringkat lima besar untuk atlet yang paling banyak dibicarakan di Twitter," tulis Twitter dalam blognya.

Berikut daftar atlet paling dibicarakan di Twitter selama Olimpiade Tokyo 2020:
1. Rayssa Leal - skateboard, Brasil.
2. Simone Biles - senam, Amerika Serikat.
3. Neeraj Chopra - lempar lembing, India.
4. Kim Yeon-koung - voli, Korea Selatan.
5. Greysia Polii - badminton, Indonesia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Kenapa Kita Deg-degan Saat Menonton Pertandingan Olahraga?

Para pengguna Twitter di Indonesia juga kerap menyertakan tagar dalam tweet yang diunggahnya. Di tanah air, tagar #Tokyo2020, #INA, dan #GreyApFinalTokyo2020 adalah yang paling banyak digunakan oleh netizen Indonesia.

"Hal ini merupakan bukti maraknya dukungan warga Indonesia kepada para atlet yang berjuang di Olimpiade #Tokyo2020," tulis Twitter.

Emoji dari cabang olahraga bulu tangkis paling banyak digunakan netizen Indonesia selama Olimpiade Tokyo 2020.TWITTER Emoji dari cabang olahraga bulu tangkis paling banyak digunakan netizen Indonesia selama Olimpiade Tokyo 2020.
Emoji juga menjadi cara para netizen Twitter menuangkan dukungannya untuk para atlet.

Ini terlihat dari emoji cabang olahraga badminton, medali emas, hingga semangat membara tercatat sebagai emoji paling banyak digunakan selama Olimpiade Tokyo 2020.

Kemeriahan dan informasi terkini seputar Olimpiade #Tokyo2020 juga dinikmati oleh para penggemar olahraga melalui Twitter Event Pages dan dengan melihat serta mengikuti Topics dan Moments di Twitter.

Baca juga: 5 Pelajaran Hidup yang Patut Dicontoh dari Para Atlet Olimpiade

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.