Kompas.com - 11/08/2021, 19:35 WIB
Ilustrasi pasangan. shutterstockIlustrasi pasangan.

KOMPAS.com - Kebanyakan orang mungkin berpikir bahwa kehidupan seks dan rutintas perawatan kecantikan merupakan dua hal yang benar-benar terpisah.

Ternyata keduanya berjalan beriringan. Sebab, peningkatan hormon estrogen melalui orgasme, serta aktivitas fisik yang terlibat dalam seks dapat meningkatkan kesehatan kulit, rambut, dan mencegah penuaan dini.

Untuk mengetahuinya lebih lanjut, dokter spesialis kulit, Dr Keira Barr, MD pun menjelaskan beberapa manfaat kecantikan dari berhubungan seks, seperti yang dilansir dari laman Mind Body Green berikut ini.

Baca juga: 5 Alasan Seks Terasa Menyakitkan Selama Kehamilan

1. Meningkatkan kesehatan kulit dan rambut

Penelitian menunjukkan bahwa wanita yang aktif secara seksual (termasuk masturbasi) cenderung memiliki kadar estrogen yang lebih tinggi karena kadar hormon meningkat selama orgasme.

Menurut Barr, estrogen adalah kunci untuk fungsi normal kulit, pembuluh darah, folikel rambut, kelenjar minyak, dan melanosit alias sel penghasil pigmen.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Secara keseluruhan, dia mengatakan bahwa estrogen meningkatkan kesehatan kulit, kesehatan rambut, dan vitalitas.

"Ini juga berperan dalam mendukung fungsi penghalang kulit normal, menjaga hidrasi kulit, menjaga produksi kelenjar minyak, meningkatkan penyembuhan luka, dan memodulasi peradangan," terangnya.

Baca juga: 10 Gejala Estrogen Rendah, Wanita Perlu Tahu

2. Mendukung kulit awet muda dan kenyal

Mempertahankan kehidupan seks yang kuat sepanjang masa dewasa dapat membantu kita merasa berjiwa muda dan produksi estrogen juga akan mendorong penuaan kulit yang sehat.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.