Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Cara Hubungan Seks Bisa Menjaga Kesehatan Kulit dan Rambut

Kompas.com - 11/08/2021, 19:35 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kebanyakan orang mungkin berpikir bahwa kehidupan seks dan rutintas perawatan kecantikan merupakan dua hal yang benar-benar terpisah.

Ternyata keduanya berjalan beriringan. Sebab, peningkatan hormon estrogen melalui orgasme, serta aktivitas fisik yang terlibat dalam seks dapat meningkatkan kesehatan kulit, rambut, dan mencegah penuaan dini.

Untuk mengetahuinya lebih lanjut, dokter spesialis kulit, Dr Keira Barr, MD pun menjelaskan beberapa manfaat kecantikan dari berhubungan seks, seperti yang dilansir dari laman Mind Body Green berikut ini.

Baca juga: 5 Alasan Seks Terasa Menyakitkan Selama Kehamilan

1. Meningkatkan kesehatan kulit dan rambut

Penelitian menunjukkan bahwa wanita yang aktif secara seksual (termasuk masturbasi) cenderung memiliki kadar estrogen yang lebih tinggi karena kadar hormon meningkat selama orgasme.

Menurut Barr, estrogen adalah kunci untuk fungsi normal kulit, pembuluh darah, folikel rambut, kelenjar minyak, dan melanosit alias sel penghasil pigmen.

Secara keseluruhan, dia mengatakan bahwa estrogen meningkatkan kesehatan kulit, kesehatan rambut, dan vitalitas.

"Ini juga berperan dalam mendukung fungsi penghalang kulit normal, menjaga hidrasi kulit, menjaga produksi kelenjar minyak, meningkatkan penyembuhan luka, dan memodulasi peradangan," terangnya.

Baca juga: 10 Gejala Estrogen Rendah, Wanita Perlu Tahu

2. Mendukung kulit awet muda dan kenyal

Mempertahankan kehidupan seks yang kuat sepanjang masa dewasa dapat membantu kita merasa berjiwa muda dan produksi estrogen juga akan mendorong penuaan kulit yang sehat.

"Estrogen meningkatkan produksi kolagen, ketebalan kulit, dan produksi asam hialuronat yang membuat kulit tampak awet muda, serta kenyal," kata Barr.

"Selain itu, orgasme melepaskan oksitosin, yang menurunkan tingkat stres karena lebih sedikit kortisol menyebabkan lebih sedikit kerusakan kolagen dan elastin, yang membuat lebih sedikit kerutan," sambung dia.

Ilustrasi hubungan seksual Ilustrasi hubungan seksual

Satu studi pada lebih dari 3.000 pria dan wanita menemukan bahwa mereka yang berhubungan seks tiga kali seminggu tampak tujuh sampai 12 tahun lebih muda dari usia mereka yang sebenarnya.

Baca juga: Viral, Biarawati Awet Muda Berbagi Tips Rawat Kulit di TikTok

3. Membuat rambut kita tumbuh

Esteogen tidak hanya meningkatkan kesehatan kulit, tetapi juga membantu menjaga rambut kita dalam fase tumbuh atau anagen.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com