Kompas.com - 11/08/2021, 19:44 WIB
Kelelahan adalah salah satu gejala Covid-19 yang masih dialami sejumlah pasien setelah pulih. FREEPIK/TIRACHARDZKelelahan adalah salah satu gejala Covid-19 yang masih dialami sejumlah pasien setelah pulih.

KOMPAS.com - Istilah long covid kini banyak dibicarakan. Ini mengacu pada kondisi ketika seseorang masih merasakan gejala sisa meskipun sudah dinyatakan sembuh dari Covid-19.

Menurut Dokter Spesialis Penyakit Dalam dari RSCM, dr Eric Daniel Tenda, PhD, SpPD, FINASIM, kita disebut mengalami long covid apabila masih merasakan gejala menetap lebih dari empat minggu setelah infeksi awal atau gejala Covid-19 awal.

Ia menambahkan, seseorang bisa terinfeksi Covid-19 ketika virus masuk melalui reseptor ACE2.

Reseptor ini tak hanya berada di paru-paru, tetapi juga pada organ lain, seperti otak, hari, jantung, hingga ginjal.

"Maka gejala long covid ini bisa dimiliki oleh seseorang, tidak terbatas hanya di saluran pernapasan saja, tapi bisa juga mengalami gejala lain."

Demikian diungkapkan Eric pada sesi Q&A Long Covid-19 dan Pemulihan Pasca Covid-19 di Instagram Kementerian Kesehatan, Rabu (11/08/2021).

Baca juga: Long Covid, Berapa Lama Bertahan dan Cara Mengatasinya

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Long covid dapat diprediksi

Rupanya, risiko long covid kemungkinan dapat diprediksi sejak awal. Caranya adalah mengetahui berapa banyak gejala yang muncul.

Menurut sebuah jurnal terbaru, ungkap Eric, seseorang yang terinfeksi Covid-19 dan memiliki lebih dari lima gejala berisiko mengalami long covid empat kali lebih tinggi dibandingkan orang-orang yang mengalami gejala kurang dari lima.

"Jadi, kalau ketika fase akut orangnya punya gejala lebih dari lima, maka kemungkinan orang tersebut mengalami long covid lebih tinggi daripada orang yang hanya memiliki satu atau dua gejala saja," ucapnya.

Namun, gejalanya bisa apa saja. Seperti yang kita ketahui, Covid-19 memiliki banyak sekali gejala dan setiap orang mengalami gejala yang berbeda-beda.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.