Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Selebritas Hollywood Ini Punya Aturan Unik untuk Anak Remajanya

Kompas.com - 12/08/2021, 12:17 WIB
Sekar Langit Nariswari,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Setiap orangtua punya gaya sendiri dalam mendidik dan mengasuh buah hatinya sesuai dengan fase pertumbuhan anaknya.

Salah satu fase yang dianggap paling menantang yakni ketika anak memasuki usia remaja. Biasanya mereka akan cenderung lebih sulit ditangani sehingga butuh pendekatan khusus.

Remaja sedang mengalami berbagai perubahan dalam fase hidupnya termasuk pubertas sehingga berpengaruh pada fisik dan emosionalnya. Selain itu, anak remaja harus diberi jarak agar bisa lebih mandiri sekaligus selalu dipantau agar tidak terjerumus hal-hal negatif.

Kondisi inilah yang kerapkali membuat para orangtua cemas pada perkembangan anaknya. Hal ini pula yang dialami oleh sejumlah pasangan selebritas Hollywood.

Baca juga: 6 Cara Membiarkan Remaja Mengendalikan Kehidupannya Sendiri

Apalagi anak-anak mereka memiliki berbagai privilage seperti uang berlimpah, fasilitas mewah dan terkenal. Gaya parenting yang tidak tepat bisa membuat anak-anak mereka tumbuh menjadi pribadi yang buruk.

Sebagai solusinya, para pesohor ini punya aturan tak lazim bagi anak remajanya yang berguna menyeimbangkan hak istimewanya.

Pasangan ini dikenal karena pola pengasuhan yang bebas dan moderat untuk ketiga anaknya, Jaden, Willow dan Trey Smith. Mereka berusaha untuk bersikap terbuka dan tidak menghukum anak-anak mereka atas keputusan atau kesalahan mereka.

Salah satu prinsip yang diterapkan adalah adanya circle of safety yang memungkinkan anak-anak mereka untuk berbicara tentang pengalaman mereka secara bebas tanpa hukuman atau teguran dari orangtuanya.

"Mereka diizinkan memberi tahu kami semua yang mereka lakukan dan mereka tidak boleh mendapat masalah," kata Will dalam salah satu wawancara tahun 2016 lalu. Anaknya kemudian diajak untuk mendiskusikan perilaku mereka itu layaknya orang dewasa. 

Baca juga: Beberapa Kru Positif Covid-19, Film Terbaru Will Smith Hentikan Produksi

Aktris yang memiliki beberapa anak remaja ini menerapkan kebebasan bagi buah hatinya untuk mengeksplorasi minatnya masing-masing.

Ia tidak mengharuskan anaknya mengikuti sekolah formal karena menilai hal itu tidak akan menjamin mereka mendapatkan pendidikan yang unggul.

"Saya pikir kita hidup di usia yang berbeda dan sistem pendidikan belum mengikuti anak-anak kita dan cara hidup kita, saya lebih suka mereka pergi ke museum dan belajar bermain gitar dan membaca serta memilih buku yang mereka sukai," ujarnya pada 2011 lalu.

Artis peran Pamela Anderson menghadiri pemutaran film 120 Beats Per Minute (120 Battements Par Minute) di Festival Film Cannes 2017, Sabtu (20/5/2017).AFP PHOTO / Valery HACHE Artis peran Pamela Anderson menghadiri pemutaran film 120 Beats Per Minute (120 Battements Par Minute) di Festival Film Cannes 2017, Sabtu (20/5/2017).

  • Pamela Anderson

Ketika anaknya berusia belasan tahun, Pamela Anderson bukan hanya mengizinkan namun juga mendorong buah hatinya mencicipi narkoba dan minum alkohol.

Ia ingin memastikan anaknya tahu bahwa diperbolehkan untuk mencoba hal-hal itu secara bertanggung jawab dan dalam jumlah sedang.

Sikap yang disebutnya pengasuhan intuititif ini telah membuatnya bisa percaya sepenuhnya pada anaknya dan bebas dari kekhawatiran akan pengaruh buruk internet. Meski dibebaskan mencoba, Pamela mengatakan anaknya terbukti tak tertarik dengan zat adiktif maupun alkohol.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com