Kompas.com - 12/08/2021, 12:17 WIB

KOMPAS.com - Setiap orangtua punya gaya sendiri dalam mendidik dan mengasuh buah hatinya sesuai dengan fase pertumbuhan anaknya.

Salah satu fase yang dianggap paling menantang yakni ketika anak memasuki usia remaja. Biasanya mereka akan cenderung lebih sulit ditangani sehingga butuh pendekatan khusus.

Remaja sedang mengalami berbagai perubahan dalam fase hidupnya termasuk pubertas sehingga berpengaruh pada fisik dan emosionalnya. Selain itu, anak remaja harus diberi jarak agar bisa lebih mandiri sekaligus selalu dipantau agar tidak terjerumus hal-hal negatif.

Kondisi inilah yang kerapkali membuat para orangtua cemas pada perkembangan anaknya. Hal ini pula yang dialami oleh sejumlah pasangan selebritas Hollywood.

Baca juga: 6 Cara Membiarkan Remaja Mengendalikan Kehidupannya Sendiri

Apalagi anak-anak mereka memiliki berbagai privilage seperti uang berlimpah, fasilitas mewah dan terkenal. Gaya parenting yang tidak tepat bisa membuat anak-anak mereka tumbuh menjadi pribadi yang buruk.

Sebagai solusinya, para pesohor ini punya aturan tak lazim bagi anak remajanya yang berguna menyeimbangkan hak istimewanya.

Pasangan ini dikenal karena pola pengasuhan yang bebas dan moderat untuk ketiga anaknya, Jaden, Willow dan Trey Smith. Mereka berusaha untuk bersikap terbuka dan tidak menghukum anak-anak mereka atas keputusan atau kesalahan mereka.

Salah satu prinsip yang diterapkan adalah adanya circle of safety yang memungkinkan anak-anak mereka untuk berbicara tentang pengalaman mereka secara bebas tanpa hukuman atau teguran dari orangtuanya.

"Mereka diizinkan memberi tahu kami semua yang mereka lakukan dan mereka tidak boleh mendapat masalah," kata Will dalam salah satu wawancara tahun 2016 lalu. Anaknya kemudian diajak untuk mendiskusikan perilaku mereka itu layaknya orang dewasa. 

Baca juga: Beberapa Kru Positif Covid-19, Film Terbaru Will Smith Hentikan Produksi

Aktris yang memiliki beberapa anak remaja ini menerapkan kebebasan bagi buah hatinya untuk mengeksplorasi minatnya masing-masing.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.