Kompas.com - 12/08/2021, 17:10 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Jam tangan mahal umumnya dikaitkan dengan bahan yang mewah, seperti taburan batu berlian, atau memakai casing logam mulia seperti emas, platinum atau titanium.

Namun di dunia horologi, banyak kreasi manufaktur jam berhaga tinggi yang nyatanya tidak menggunakan material-material mewah.

Sebut saja Patek Philippe Ref 6300A-010 Grandmaster Chime yang dijual di acara lelang dua tahunan Only Watch pada 2019 lalu.

Jam tangan yang dibekali dua dial serta 20 kerumitan (fungsi yang berbeda) itu dijual seharga 31 juta dollar AS atau setara Rp 446 miliar.

Padahal, sebagian besar material yang membalut Grandmaster Chime "hanyalah" stainless steel alias baja tahan karat.

Sebagai catatan, huruf "A" pada Ref 6300A merupakan singkatan dari Acier, atau penanda jam tangan tersebut terbuat dari baja tahan karat.

Ya, Patek Philippe merancang Grandmaster Chime dengan material logam yang sama seperti material pada sendok dan garpu kita di rumah.

Bukan itu saja kreasi Patek berbahan baja yang dipatok dengan harga setinggi langit.

Jam tangan Patek Philippe Ref 1518 yang menggunakan material baja langka, dijual seharga 12 juta dollar AS atau sekitar Rp 172 miliar pada 2016.

Contoh lainnya adalah Patek Philippe Nautilus 5711 model baja yang diproduksi terbatas.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Hypebeast
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.