Kompas.com - 12/08/2021, 21:30 WIB

KOMPAS.com - Mungkin, di era serba digital seperti saat sekarang, membicarakan kaset gim terbaru menjadi hal yang kurang relevan dan tak up to date.

Sebab, -bayangkan saja, tidak terhitung berapa banyak gim yang bisa dimainkan di perangkat ponsel, konsol box moderen, maupun PC.

Namun, siapa sangka? Kaset gim Nintendo DS atau PlayStation Portable (PSP) kini harganya meroket naik dan dijadikan barang koleksi

Baca juga: Nintendo Segera Rilis Konsol Switch Terbaru, Seperti Apa?

Di Jepang, fenomena ini kian terlihat. Kaset gim Nintendo DS dan PSP dijual kembali oleh para kolektor dengan harga yang meningkat tajam.

Harga awal kaset Nintendo DS "Kouenji Joshi Soccer 2" yang berada di kisaran 1.000 yen atau sekitar Rp 130.000 pada akhir tahun 2020, kini meningkat menjadi 10.000 yen, atau lebih kurang Rp 1,3 juta.

Sementara, kaset Nintendo DS "Ivy the Kiwi?" yang diluncurkan pada November 2009 saat ini dijual seharga 15.000 yen atau nyaris Rp 2 juta.

Seperti dilaporkan Livedoor News, lonjakan harga itu disebabkan oleh pandangan bahwa kaset dari kedua konsol tersebut tergolong sebagai item retro.

Walau faktanya, perangkat Nintendo DS dan PSP belum lama dirilis, yakni di tahun 2004.

Baca juga: Nintendo Wii Emas untuk Ratu Elizabeth Dijual Rp 4,32 Miliar, Minat?

Sejumlah kaset gim dari pihak ketiga memang memiliki nilai jual yang tinggi. Namun kaset gim yang dirilis langsung Nintendo dan Sony tidak begitu menunjukkan peningkatan nilai.

Gim "Gal" yang memungkinkan pemain berinteraksi dengan karakter wanita cantik, serta beberapa judul gim yang susah didapat karena dulu minim peminat, kini dicari oleh para kolektor.

Baca juga: Cetak Rekor, Kaset Gim Super Mario Bros Rilisan 1985 Laku Rp 28 Miliar

Namun, akibat situasi pandemi yang masih berlangsung, pasar kaset gim dari Nintendo DS dan PSP mulai ditujukan kepada kolektor gim lokal di Jepang, bukan lagi turis.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Hypebeast


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.