Kompas.com - 13/08/2021, 12:21 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Mimpi adalah kejadian yang agak misterius dalam hidup kita. Kadang mimpi seperti bunga tidur saja, namun kita bisa juga mendapat mimpi yang terasa begitu nyata sehingga bertanya-tanya apa artinya.

Sering muncul keinginan untuk bisa mengendalikan mimpi yang begitu nyata. Bahkan hal ini menjadi salah satu obyek penelitian guna mencari tahu benarkah kita dapat mengendalikan mimpi nyata atau lucid dream?

“Definisi dasar dari lucid dream adalah kondisi saat kita bemimpi, namun menyadari bahwa kita sedang bermimpi,” kata Alicia Roth, PhD, spesialis yang menangani gangguan tidur.

Menariknya, berbagai penelitian memperkirakan sekitar setengah dari populasi dunia pernah mengalami lucid dream.

Bahkan ada orang-orang yang mengaku memiliki kemampuan untuk mengendalikan atau memanipulasi mimpi mereka. Bagian inilah yang berusaha dipecahkan dan dipelajari.

Baca juga: Pemicu Hadirnya Vivid Dream, Mimpi yang Terasa Nyata

“Penelitian tentang lucid dream sebagian besar bergantung pada laporan diri orang yang bermimpi. Ada beberapa cara objektif untuk mengukur lucid dream,” tambah Dr. Roth.

“Apakah itu lucid dream, mimpi biasa atau mimpi buruk, itu adalah hal yang sangat sulit untuk diukur secara objektif,” lanjutnya.

“Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengetahui kapan seseorang berada dalam tidur REM atau tidur dengan gerak mata cepat,"

"Jika diamati dengan polisomnogram atau pemindai MRI, kita dapat melihat perubahan otak. Tetapi kami bahkan tidak dapat mengetahui dengan tepat kapan orang benar-benar bermimpi.”

Baca juga: Posisi Tidur dengan Tangan di Dada Sebabkan Mimpi Buruk?

Apa yang menyebabkan terjadinya lucid dream?

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.