Kompas.com - 14/08/2021, 13:15 WIB
Ilustrasi ikan gabus. Shutterstock/showcakeIlustrasi ikan gabus.

KOMPAS.com – Ikan gabus selama ini tidak hanya sering diolah menjadi makanan lezat, tetapi juga terkenal memiliki khasiat “obat”. Tak jarang orang yang baru sembuh dari operasi disarankan untuk mengonsumsi ikan gabus.

Penelitian menunjukkan, ikan gabus (Channa striata) mengandung protein tinggi, salah satunya albumin. Dalam ilmu kedokteran, albumin digunakan untuk mempercepat pemulihan jaringan sel tubuh yang rusak.

Ikan gabus merupakan pemilik albumin tertinggi dibanding ikan-ikan lainnya.

Dengan kandungan tinggi protein yang kaya akan albumin serta asam amino essensial, albumin dalam ikan gabus membantu menutrisi dan meningkatkan kadar albumin pasien sehingga mempercepat pemulihan pasca kemoterapi.

Baca juga: Benarkah Ekstrak Ikan Gabus Efektif Bantu Terapi Covid-19?

Menurut Prof.dr. Dadang Makmun Sp.PD-KGEH, rendahnya kadar albumin terkait dengan perawatan yang lebih lama dan peningkatan kematian dalam jangka pendek hingga panjang.

“Kadar albumin yang tepat dapat meningkatkan kondisi klinis pasien dengan hipoalbumin atau kadar albumin rendah,” katanya dalam presentasinya di ajang Virtual Indonesian Digestive Disease Digestive Week beberapa waktu lalu.

Kondisi hipoalbumin ini bisa ditemukan dalam sejumlah penyakit pencernaan sampai kanker kolorektal.

Albumin ikan gabus juga mampu memperbaiki gizi buruk pada pasien, termasuk meningkatkan berat badan.

Manfaat albumin ikan gabus ini bisa didapatkan dengan mudah lewat suplemen polyherbal Onoiwa MX.

Baca juga: Penelitian USU: Ekstrak Ikan Gabus Bisa Percepat Penyembuhan Pasien Covid-19

Suplemen produksi Nucleus Farma ini memiliki tiga kandungan utama yaitu albumin ikan gabus, ekstrak temulawak (Curcuma xanthorriza), dan ekstrak daun kelor (Moringa oleifera).

Temulawak sendiri sejak lama diketahui memiliki manfaat mencegah inflamasi dan bermanfaat dalam mengatasi keluhan lambung. Sedangkan ekstrak daun kelor juga bermanfaat emngatasi gangguan pencernaan.

Konsumsi suplemen tersebut terbukti membantu meningkatkan kondisi pasien penyakit pencernaan dan hipoalbumin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.