Kompas.com - 14/08/2021, 15:12 WIB
Memakai masker adalah salah satu protokol kesehatan yang tak boleh diabaikan di tengah lonjakan kasus Covid-19. SHUTTERSTOCK/eakkachai halangMemakai masker adalah salah satu protokol kesehatan yang tak boleh diabaikan di tengah lonjakan kasus Covid-19.

KOMPAS.com - Vaksinasi menjadi salah satu perlindungan utama untuk melindungi diri dari infeksi Covid-19.

Karenanya, pemerintah menganjurkan masyarakat untuk menyegerakan vaksin agar menekan risiko paparan virus. Sayangnya, anjuran ini lalu memicu misinformasi soal manfaat vaksin untuk perlindungan tubuh.

Banyak masyarakat mengira vaksinasi lengkap membebaskan kita dari kewajiban menggunakan masker dan menerapkan protokol kesehatan.

Terlebih lagi, sejumlah negara di Eropa dan Amerika Serikat telah menarik aturan yang mewajibkan penggunaan masker di tempat umum.

Faktanya, kita masih harus tetap memakai masker untuk menjaga diri dan orang sekitar. Pemerintah Indonesia juga masih mengharuskan penggunaan masker untuk orang yang terpaksa harus berada di luar rumah.

Baca juga: Cara Tepat Daur Ulang Sampah Masker Kesehatan

Ada sejumlah pertimbangan yang menjadi alasan masker masih wajib dipakai meski sudah divaksin. Pertama, perlindungan optimal vaksin baru terbangun dua minggu setelah vaksinasi dosis kedua.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kedua, vaksin memang efektif menekan risiko gejala berat namun tidak menjamin dapat menghindarkan diri 100 persen dari kematian akibat Corona.

Ketiga, orang yang sudah divaksin masih dapat menjadi pembawa virus dan menulari orang lain tanpa disadari. Oleh sebab itu, penggunaan masker bisa membantu kita mengutangi risiko menyebarkan virus pada sekitar kita.

Pastikan untuk tetap menghindari kerumunan dan rajin mencuci tangan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Baca juga: Jangan Panik, Vaksin Tetap Efektif walau Terlambat Terima Dosis Kedua

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by KPCPEN #PakaiMasker (@lawancovid19_id)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.