Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/08/2021, 19:25 WIB
Anya Dellanita,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Kerontokan rambut menjadi masalah utama banyak orang. Melihat helaian-helaian rambut berguguran di lantai bisa membuat kita stres. Apalagi, tidak mudah menghentikan rambut rontok.

Penyebab rambut rontok memang beragam. Mulai dari produk rambut yang kita gunakan, kondisi kesehatan kulit kepala, hingga tidak memilih produk dengan bahan yang tepat.

Bahkan, menurut survei yang dilakukan oleh Sash Products, lebih dari 10.000 penderita rambut rontok mengaku melakukan kesalahan saat memilih produk rambut.

Nah, kesalahan apa saja yang sering tidak disadari namun berdampak pada kesehatan rambut? Berikut jawaban dari Supritha Ramesh, pendiri Sash Products.

Baca juga: Benarkah Pil KB Bisa Bikin Rambut Rontok?

Sampo dengan sodium lauryl sulphate (SLS) dan ammonium lauryl sulfate (ALS)

Sampo yang memiliki Surfaktan Anionic seperti SLS dan ALS akan meninggalkan muatan negatif di atas permukaan rambut dan membuat rambut sangat keriting.

Sebagai tambahan, dua bahan ini adalah pembersih kuat yang dapat mengikis lapisan kutikula rambut, membuat rambut lebih kering dan menyebabkan kerusakan.

Menggunakan sampo herbal dengan berbagai bahan baku

Bahan organik dan herbal kaya akan ion H+ yang berperan besar dalam menyeimbangkan pH kulit kepala. kadar pH ideal kulit kepala harus berkisar antara 4,5 hingga 5,5. Jika terlalu banyak bahan baku, produk tersebut harus dihindari.

Baca juga: Alasan Sampo Perlu Digunakan Dua Kali Saat Keramas

Penggunaan abrasif

Penggunaan sampo yang sarat abrasif seperti menggaruk-garuk kulit kepala jelas menjadi masalah. Abrasif mungkin merupakan metode kuno untuk membersihkan minyak dari rambut, namun ia dapat menjadi salah satu alasan utama untuk membuat kutikula rambut terkikis, membuatnya tidak sulit menyerap nutrisi.

Terlalu kasar saat keramas

Kesalahan paling umum yang dilakukan seseorang saat keramas adalah tidak memperlakukan rambut dengan kasar. Rambut itu sensitif dan 5 kali lebih rapuh saat basah, jadi, berhati-hatilah saat keramas.

Tidak memilih sampo berdasarkan jenis rambut

Sampo mengandung berbagai bahan yang mungkin tidak cocok dengan jenis rambut tertentu.

Periksa kandungan gliserin, minyak, silikon dan keratin dalam sampo. Sebab, semua bahan di atas harus relatif tinggi untuk rambut bergelombang dan keriting, namun tidak perlu tinggi untuk rambut lurus.

Jika bahan-bahan di atas cukup tinggi dan digunakan untuk oleh mereka yang berambut lurus, rambut akan lebih berminyak dan membuat nutrisi sulit terserap ke dalam rambut.

Baca juga: Mengapa Covid-19 Bisa Sebabkan Rambut Rontok? 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com