Kompas.com - 15/08/2021, 11:31 WIB
Ilustrasi warna pakaian shutterstockIlustrasi warna pakaian
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com – Kebanyakan orang tahu bahwa warna hitam menyerap panas dan warna putih memantulkannya, tetapi bagaimana dengan warna lainnya?

Toshiaki Ichinose, Peneliti Senior di Institut Nasional Jepang untuk Studi Lingkungan,  melakukan eksperimen untuk mengukur warna pakaian mana yang akan membuat tubuh kita terasa paling sejuk di bawah sinar matahari.

Ichinose menjelaskan bahwa objek memantulkan energi radiasi dari matahari pada tingkat yang berbeda tergantung pada warna.

Energi yang tidak dipantulkan diserap dalam bentuk panas, dan oleh karena itu benda dengan warna pantul yang lebih tinggi akan terasa lebih dingin.

Ichinose dan timnya melakukan eksperimen luar ruangan di bawah terik matahari musim panas pada suhu 30 °C, dengan sedikit atau tanpa angin.

Sembilan kaos polo berwarna berbeda dari bahan yang sama ditempatkan berdampingan dan dipantau melalui kamera panas selama 5 menit.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hasilnya menunjukkan bahwa kemeja yang paling dingin adalah yang berwarna putih, diikuti oleh kuning, abu-abu, merah, ungu, biru, hijau, hijau tua, dan hitam dalam urutan tertentu.

Perbedaan suhu antara kemeja itu cukup drastis, dengan kemeja putih mencapai 30 °C, dan kemeja hijau tua dan hitam mencatat suhu di atas 50 °C.

“Jika kita tidak suka kemeja putih karena mudah kotor, kami merekomendasikan untuk mengenakan kemeja kuning, abu-abu, dan merah yang memiliki reflektansi relatif tinggi,” kata Ichinose.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Hypebeast
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.