Kompas.com - 15/08/2021, 20:02 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Satu mobil langka McLaren F1 yang pertama kali diluncurkan pada 1995 kini dilelang.

Dalam acara lelang yang diadakan Gooding & Company Pebble Beach Auction pada Sabtu (14/08), mobil F1 yang dirancang McLaren sebagai road car itu dilepas seharga 20,465 juta dollar AS atau setara Rp 293 miliar.

Sebelumnya, kendaraan yang tampak seperti baru ini adalah koleksi pribadi seseorang asal Jepang.

Melihat odometer yang menunjukkan jarak tempuh kendaraan kurang dari 390 kilometer, tampaknya sang kolektor lebih sering memarkirkan F1 di garasi rumahnya ketimbang memakai mobil untuk berjalan-jalan.

McLaren F1 1995 tersebut masih dilengkapi part asli bawaan pabrik. Sebut saja ban Goodyear Eagle F1, kotak perkakas Facom, tool kit berbahan titanium, buku "Driving Ambition" serta arloji TAG Heuer khusus.

McLaren F1 Road 1995 McLaren F1 Road 1995
Berdasarkan keterangan manufaktur asal Inggris itu, mobil F1 ini merupakan model road car ke-25 yang dibuat perusahaan dan satu-satunya yang diberikan corak warna "creighton brown".

Pada bagian interior F1 creighton brown, McLaren memberikan jok kulit bernuansa cokelat muda dan cokelat tua.

"Hanya 106 unit F1 road car yang diberi tiga tempat duduk dan menggunakan mesin V-12 yang diproduksi antara tahun 1992-1998," demikian bunyi keterangan McLaren.

"Sampai sekarang F1 ini tetap menjadi mobil produksi massal tercepat dengan kecepatan tertinggi 386 km/jam."

"Performa itu membantu memperkuat status F1 1995 sebagai salah satu mobil kolektor yang paling dicari."

Presiden sekaligus founder Gooding & Company, David Gooding menyebut penjualan F1 tersebut sebagai momen bersejarah bagi perusahaan dan industri otomotif.

F1 1995 mencetak rekor baru sebagai road car termahal besutan McLaren yang dilepas di acara lelang.

Rekor sebelumnya dimiliki oleh McLaren F1 "LM-Specification" 1994 yang dijual seharga 19,8 juta dollar AS (sekitar Rp 284 miliar) pada 2019.

Baca juga: Ketika Neymar Padukan Supercar McLaren dan Air Jordan 3...

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Hypebeast


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.