Kompas.com - 15/08/2021, 21:45 WIB
Buang air kecil antara empat hingga 10 kali masih dapat dikategorikan sehat jika frekuensinya tidak mengganggu kualitas hidup seseorang. SHUTTERSTOCKBuang air kecil antara empat hingga 10 kali masih dapat dikategorikan sehat jika frekuensinya tidak mengganggu kualitas hidup seseorang.
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - "Meskipun setiap orang berbeda, kebanyakan orang dewasa buang air kecil lima sampai tujuh kali dalam 24 jam, sebagian besar di siang hari," kata Ali Dabaja, MD, ahli urologi dari Henry Ford Hospital di Detroit.

Jika kita buang air kecil lebih sering dari itu, apakah berarti ada sesuatu yang salah?

Menurut Melissa A. Laudano, MD, seorang ahli urologi di Montefiore Health System  mengatakan bahwa itu bisa saja berpotensi ada hal yang salah, tapi tidak selalu.

Berikut ini adalah kemungkinan penyebab kita sering buang air kecil.

1. Minum terlalu banyak cairan

“Apa yang masuk harus keluar,” kata Kristy M. Borawski, MD, profesor urologi di Fakultas Kedokteran Universitas North Carolina-Chapel Hill.

"Artinya bila kita banyak minum, pasti akan banyak pipis. Terlalu banyak cairan dapat menyebabkan peningkatan frekuensi buang air kecil," katanya.

Minuman berkafein dan beralkohol juga dapat meningkatkan frekuensi kita untuk buang air kecil karena bersifat diuretik, yang berarti meningkatkan produksi urin.

Asam sitrat, yang ditemukan dalam makanan dan minuman jeruk, juga bisa menjadi penyebabnya.

"Bahkan makanan pedas bisa memancing keinginan kita untuk buang air kecil," tambah Dr. Dajaba.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.