Kompas.com - 15/08/2021, 21:52 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Salah satu efek yang dirasakan tubuh setelah mengonsumsi minuman beralkohol adalah mengantuk, dan pada akhirnya kita tertidur.

Banyak orang menggunakan alkohol sebagai pelarian untuk memudahkan mereka terlelap. Namun faktanya, minuman beralkohol akan memperburuk kualitas tidur kita.

Hal itu dijelaskan Keith Heinzerling, MD, spesialis penyakit dalam dan obat kecanduan di Providence Saint John's Health Center.

"Saat kita mengonsumsi sesuatu yang dibuat-buat untuk memicu tidur atau memperpanjang durasi tidur seperti alkohol, itu tidak dapat memulihkan otak dan tubuh," tuturnya.

"Tidur karena alkohol bukanlah tidur nyenyak seperti yang kita rasakan saat tertidur secara alami tanpa bantuan zat penenang ini."

Menurut sebuah laporan, sekitar 30 persen orang yang memiliki masalah insomnia --susah tidur-- mengonsumsi minuman beralkohol untuk membantu mereka tertidur.

Baca juga: Meski Bikin Ngantuk, Alkohol Justru Berefek Buruk pada Kualitas Tidur

Padahal, minuman alkohol bisa memberikan dampak negatif pada kualitas tidur seseorang. Ini dampaknya:

1. Mengganggu ritme sirkadian tubuh

Alkohol dapat mengganggu ritme sirkadian tubuh yang seharusnya membantu kita tertidur di malam hari.

Ritme sirkadian diatur oleh jam internal tubuh. Sel-sel saraf di otak mengoordinasikan fungsi fisiologis dan mempersiapkan tubuh untuk tidur di malam hari.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.