Kompas.com - 16/08/2021, 10:08 WIB
Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengenakan pakaian adat saat menghadiri Sidang Tahunan MPR 2021. YouTube/Sekretariat PresidenPresiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengenakan pakaian adat saat menghadiri Sidang Tahunan MPR 2021.
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo atau Jokowi terlihat menghadiri Sidang Tahunan MPR RI untuk menyampaikan pidato kenegaraan Presiden RI dalam rangka peringatan HUT ke-76 RI di Gedung Parlemen, Senin (16/8/2021).

Penampilannya yang selalu menggunakan baju adat dalam setiap agenda tahunan ini pun mencuri perhatian publik.

Untuk tahun 2021 ini, Jokowi memilih mengenakan pakaian adat suku Baduy yang berada di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten.

Jokowi tampak mengenakan pakaian kutung lengan panjang atau jamang sangsang berwarna hitam yang dilengkapi dengan telekung atau ikat kepala hasil tenun masyarakat Baduy berwarna biru, serta tas selempang yang khas dari suku tersebut.

Pakaian adat Baduy ini menyiratkan banyak hal. Terlebih mengenai kesederhanaan dalam suasana pandemi dan refleksi diri (muhasabah) atau olah batin (tirakat) di tengah hiruk pikuknya zaman.

Baca juga: Tak Hanya dari Suku Sasak, Ini 5 Baju Adat yang Pernah Dipakai Jokowi

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Presiden Joko Widodo mengenakan pakaian adat orang Kanekes atau Suku Badui saat menyampaikan pidato kenegaraan dalam Sidang Bersama DPD dan DPR, Senin (16/8/2021).YouTube/Sekretariat Presiden Presiden Joko Widodo mengenakan pakaian adat orang Kanekes atau Suku Badui saat menyampaikan pidato kenegaraan dalam Sidang Bersama DPD dan DPR, Senin (16/8/2021).
Persiapan pakaian adat yang dikenakan Jokowi juga dibantu langsung oleh Jaro Saija, tetua adat masyarakat Baduy sekaligus Kepala Desa Kanekes.

Pemillihan baju adat suku Baduy ini memiliki alasan tersendiri bagi Jokowi, salah satunya adalah untuk memberikan penghormatan dan penghargaan atas nilai-nilai adat suku Baduy.

"Presiden @jokowi memilih menggunakan pakaian adat suku Baduy sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan pada  keluhuran nilai-nilai adat dan budaya suku Baduy," tulis KSP melalui akun Twitter @KSPgoid.

Sementara itu, tak kalah menariknya, Wakil Presiden Ma'ruf Amin tampak menggunakan pakaian adat Suku Mandar asal Sulawesi Barat.

Ma'ruf mengenakan pakaian dengan perpaduan jas dan celana hitam dengan kain sarung tenun warna merah bercorak khas Mandar yang digunakan sebagai ikat pinggang, serta penutup kepala yang disebut songkok tabone.

Baca juga: Sederet Baju Adat Jokowi yang Menyita Perhatian

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.