Kompas.com - 16/08/2021, 10:21 WIB
Presiden Joko Widodo mengenakan pakaian adat orang Kanekes atau Suku Badui saat menyampaikan pidato kenegaraan dalam Sidang Bersama DPD dan DPR, Senin (16/8/2021). YouTube/Sekretariat PresidenPresiden Joko Widodo mengenakan pakaian adat orang Kanekes atau Suku Badui saat menyampaikan pidato kenegaraan dalam Sidang Bersama DPD dan DPR, Senin (16/8/2021).

KOMPAS.com - Presiden Jokowi memiliki kebiasaan mengenakan baju adat unik dalam berbagai momen istimewa kenegaraan.

Lewat kebiasaan ini, presiden memperkenalkan berbagai baju daerah yang belum terlalu dikenal masyarakat luas.

Tentunya, penampilan Jokowi langsung menjadi pembahasan publik karena keragaman budaya dan detail busana yang dikenakannya.

Kali ini, Jokowi mengenakan pakaian adat Suku Baduy saat menghadiri Sidang Tahunan MPR, Senin (16/8/2021) pagi ini.

"Presiden @jokowi memilih menggunakan pakaian adat suku Baduy sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan pada keluhuran nilai2 adat dan budaya suku Baduy." demikian dikutip dari cuitan akun @KSPgoid.

Baca juga: Jokowi Pakai Baju Adat Baduy di Sidang Tahunan MPR, Apa Maknanya?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain baju daerah Suku Baduy, ada beberapa pakaian daerah lainnya yang pernah menjadi perhatian publik ketika dikenakan Jokowi. Apa saja?

Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla saat hadir dalam sidang tahunan Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia Tahun 2017di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (16/8/2017).KOMPAS.com / GARRY ANDREW LOTULUNG Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla saat hadir dalam sidang tahunan Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia Tahun 2017di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (16/8/2017).
Dalam momen serupa, sidang tahunan MPR tahun 2017, Jokowi mengenakan pakaian adat suku Bugis. Busana pria berdarah Jawa Solo itu berupa sarung songket bernuana oranye dan merah marun keemasan, dengan atasan hitam dan songkok khas Bugis berwarna emas.

Uniknya, Wakil Predien RI saat itu, Jusuf Kalla yang berasal dari suku Bugis malah mengenakan pakaian adat Jawa. Kedua pimpinan negara itu seakan bertukar pakaian daerah untuk satu hari itu.

  • Baju adat Aceh

Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo bersiap mengikuti upacara, Istana Merdeka, Jumat 17 Agustus 2018 pukul 09.35.Biro Pers Media dan Informasi Sekretariat Presiden Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo bersiap mengikuti upacara, Istana Merdeka, Jumat 17 Agustus 2018 pukul 09.35.
Baju adat Aceh dikenakan Jokowi saat menghadiri upacara Kemerdekaan RI yang ke-73 di Istana Negara tahun 2018. Busana yang dipakainya terdiri dari sejumlah item yang sarat makna dan tradisi.

Penutup kepalanya, disebut kupiah meukeutop, terbuat dari kain tetron berwarna merah, hijau, kuning, dan hitam. Atasannya yang disebut bajee berupa baju berwarna hitam berlengan panjang yang dilengkapi dengan hiasan sulaman kasab di ujung lengan.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.