Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tengok Kembali, 5 Baju Adat Unik yang Pernah Dikenakan Jokowi

Kompas.com - 16/08/2021, 10:21 WIB
Sekar Langit Nariswari,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Presiden Jokowi memiliki kebiasaan mengenakan baju adat unik dalam berbagai momen istimewa kenegaraan.

Lewat kebiasaan ini, presiden memperkenalkan berbagai baju daerah yang belum terlalu dikenal masyarakat luas.

Tentunya, penampilan Jokowi langsung menjadi pembahasan publik karena keragaman budaya dan detail busana yang dikenakannya.

Kali ini, Jokowi mengenakan pakaian adat Suku Baduy saat menghadiri Sidang Tahunan MPR, Senin (16/8/2021) pagi ini.

"Presiden @jokowi memilih menggunakan pakaian adat suku Baduy sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan pada keluhuran nilai2 adat dan budaya suku Baduy." demikian dikutip dari cuitan akun @KSPgoid.

Baca juga: Jokowi Pakai Baju Adat Baduy di Sidang Tahunan MPR, Apa Maknanya?

Selain baju daerah Suku Baduy, ada beberapa pakaian daerah lainnya yang pernah menjadi perhatian publik ketika dikenakan Jokowi. Apa saja?

Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla saat hadir dalam sidang tahunan Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia Tahun 2017di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (16/8/2017).KOMPAS.com / GARRY ANDREW LOTULUNG Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla saat hadir dalam sidang tahunan Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia Tahun 2017di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (16/8/2017).
Dalam momen serupa, sidang tahunan MPR tahun 2017, Jokowi mengenakan pakaian adat suku Bugis. Busana pria berdarah Jawa Solo itu berupa sarung songket bernuana oranye dan merah marun keemasan, dengan atasan hitam dan songkok khas Bugis berwarna emas.

Uniknya, Wakil Predien RI saat itu, Jusuf Kalla yang berasal dari suku Bugis malah mengenakan pakaian adat Jawa. Kedua pimpinan negara itu seakan bertukar pakaian daerah untuk satu hari itu.

  • Baju adat Aceh

Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo bersiap mengikuti upacara, Istana Merdeka, Jumat 17 Agustus 2018 pukul 09.35.Biro Pers Media dan Informasi Sekretariat Presiden Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo bersiap mengikuti upacara, Istana Merdeka, Jumat 17 Agustus 2018 pukul 09.35.
Baju adat Aceh dikenakan Jokowi saat menghadiri upacara Kemerdekaan RI yang ke-73 di Istana Negara tahun 2018. Busana yang dipakainya terdiri dari sejumlah item yang sarat makna dan tradisi.

Penutup kepalanya, disebut kupiah meukeutop, terbuat dari kain tetron berwarna merah, hijau, kuning, dan hitam. Atasannya yang disebut bajee berupa baju berwarna hitam berlengan panjang yang dilengkapi dengan hiasan sulaman kasab di ujung lengan.

Sedangkan di bagian bahu kanan, diletakkan boh ru bungkoh yang merupakan hiasan berupa bungkusan, yang ujungnya terdapat boh ru.

Baca juga: Sederet Baju Adat Jokowi yang Menyita Perhatian

  • Baju adat sasak

Presiden Joko Widodo dengan baju adat suku Sasak NTB setelah menyampaikan pidato kenegaraan dalam rangka HUT Ke-74 Kemerdekaan RI di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2019).KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Presiden Joko Widodo dengan baju adat suku Sasak NTB setelah menyampaikan pidato kenegaraan dalam rangka HUT Ke-74 Kemerdekaan RI di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2019).
Jokowi juga pernah mengenakan baju adat dari Suku Sasak asal Nusa Tenggara Barat. Kala itu, ia tengah menyampaikan pidato kenegaraan dalam Sidang Bersama DPD-DPR pada Agustus 2019.

Pakaiannya berwarna coklat dengan bawahan kombinasi hitam, emas dan oranye. Sebagai pelengkap, ditambahkan keris di bagian depan busananya.

Dikutip dari Kompas.com pada (14/08/2020), Datu Siledendeng Lombok H Lalu Muh Patria menjelaskan, tata busana yang dipakai Jokowi adalah busana seorang pemimpin atau dalam bahasa Lombok disebut Datu atau Raja.

"Kelengkapan busana adat Sasak yang digunakan Presiden Jokowi sebagai Pemban Prabu Suriya Alam," kata Patria.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com