Kompas.com - 16/08/2021, 10:48 WIB
Anak-anak tampak menggunakan gawai saat temannya bermain sepakbola di taman samping Banjir Kanal Barat (BKB) di kawasan Petamburan, Jakarta Pusat, Senin (17/8/2020). Di hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-57 ini, anak-anak di kawasan Petamburan tetap melakukan permainan untuk menyemarakkan kemerdekaan ini. KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGAnak-anak tampak menggunakan gawai saat temannya bermain sepakbola di taman samping Banjir Kanal Barat (BKB) di kawasan Petamburan, Jakarta Pusat, Senin (17/8/2020). Di hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-57 ini, anak-anak di kawasan Petamburan tetap melakukan permainan untuk menyemarakkan kemerdekaan ini.

KOMPAS.com - HUT Kemerdekaan RI dirayakan pada 17 Agustus setiap tahunnya. Biasanya, momen peringatan hari kemerdekaan dirayakan lewat berbagai acara meriah, termasuk upacara, lomba, penyelenggaraan bazaar, dan lainnya.

Sayangnya, hari kemerdekaan Indonesia tahun ini mungkin tak bisa dirayakan seperti tahun-tahun sebelumnya karena situasi pandemi Covid-19.

Namun, ada beberapa cara merayakan hari kemerdekaan di rumah yang tak kalah seru dan bisa kita praktikkan:

1. Upacara bendera virtual

Jika di tahun-tahun sebelumnya sebagian dari kita menghadiri upacara bendera secara langsung, pada 17 Agustus 2021 kita bisa menghadiri upacara bendera virtual.

Pemerintah menganjurkan kita untuk menghadiri upacara bendera virtual, salah satunya lewat laman Rumah Digital Indonesia (rumahdigitalindonesia.id).

Selain upacara bendera, laman tersebut juga menyediakan ruang literasi digital yang dapat diakses masyarakat hingga ruang pasar lokal untuk pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) berjualan secara virtual.

Untuk menciptakan suasana peringatan hari kemerdekaan yang lebih lengkap, kita bisa menghadiri upacara bendera virtual di halaman rumah sambil melihat bendera merah putih yang terpasang di rumah kita.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Ikuti Upacara Bendera HUT ke-76 RI di Istana Negara Secara Virtual

2. Mengikuti lomba 17-an virtual

Mengikuti lomba 17-an sudah menjadi rutinitas masyarakat Indonesia dari tahun ke tahun. Sayangnya, kegiatan ini juga tak bisa diselenggarakan seperti biasanya.

Kita bisa berpartisipasi dalam lomba 17-an yang digelar virtual, seperti lomba menyanyi, membaca puisi, cerdas cermat, dan perlombaan lainnya yang digelar berbagai instansi dan lembaga serta yang ditemukan dari platform media sosial, seperti TikTok dan Instagram.

Selain mengasah kreativitas, beberapa lomba 17-an virtual yang tersedia juga menyediakan hadiah yang menarik, lho.

Baca juga: Rekomendasi Lomba yang Bisa Dilakukan di Rumah atau Secara Virtual

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.