Kompas.com - 16/08/2021, 13:15 WIB
Reymond Pierre Pau Westerling menjadi tokoh yang kontroversial dalam film The East. DOK. NEW AMSTERDAM FILM COMPANY/MILAN VAN DRILReymond Pierre Pau Westerling menjadi tokoh yang kontroversial dalam film The East.

KOMPAS.com - Menonton film bertema kemerdekaan RI bisa menjadi alternatif cara merayakan hari kemerdekaan RI meski di rumah saja.

Momen ini juga bisa dimanfaatkan untuk mengakrabkan diri dengan keluarga sambil mengetahui lebih jauh cerita tentang sejarah kemerdekaan RI.

Berikut beberapa pilihan film kemerdekaan yang bisa kita tonton bareng keluarga di rumah:

1. Soekarno: Indonesia Merdeka (2013)

Film garapan sutradara Hanung Bramantyo ini menceritakan perjalanan hidup Soekarno sebagai salah satu proklamator bangsa. Sosok Soekarno diperankan oleh Ario Bayu.

Film berdurasi 137 menit ini juga mengupas sedikit tentang kisah cinta Soekarno. Selain kisah drama romansa, fokus cerita juga mengarah pada perjuangan Soekarno dalam memerdekakan Indonesia.

Dengan langkah politiknya Soekarno akhirnya mendeklarasikan kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945.

Film ini sangat cocok bagi orang-orang yang ingin mengetahui gambaran situasi jelang kemerdekaan Indonesia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: 6 Cara Rayakan Hari Kemerdekaan di Tengah Pandemi

2. Jenderal Soedirman (2015)

Jenderal Soedirman merupakan film biopik yang menceritakan perjuangan salah satu pahlawan indonesia, Jenderal Soedirman.

Tidak seperti film biopik pada umumnya, film ini tidak menceritakan sejarah kehidupan sang jenderal dari kecil hingga tua melainkan fokus pada perjuangan Jenderal Soedirman dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Film ini juga menampilkan kondisi Jenderal Soedirman yang tetap memimpin perang gerilya di Tanah Jawa meski sedang menderita sakit paru-paru.

Halaman:


Sumber Kompas.com
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.