Kompas.com - 16/08/2021, 13:43 WIB
Teaser poster film Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas. Instagram.com/@sepertidendamfilmTeaser poster film Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas.

KOMPAS.com - Film karya sineas Indonesia, Edwin, yang berjudul Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas meraih penghargaan tertinggi di Locarno International Film Festival.

Film tersebut sukses menyabet Golden Leopard, hadiah utama dari sesi kompetisi internasional (Concorso Internazionale) dalam festival yang digelar di Swiss ini.

Prestasi ini menjadi catatan tersendiri, menjadi kali pertama sineas Indonesia berhasil menyabet penghargaan bergengsi ini.

Golden Leopard sebelumnya pernah diraih oleh berbagai sutradara kelas dunia seperti Stanley Kubrick, Mike Leigh, Jafar Panahi, dan Jim Jarmusch.

Terlebih lagi, karya yang juga dibintangi Reza Rahardian ini bersaing dengan berbagai film berkualitas dari peserta seluruh dunia. Termasuk pula Zeros and Ones, film yang sempat dijagokan dan digar oleh aktor Ethan Hawke.

Baca juga: Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas, Reza Rahadian Main Silat Lagi

Selain itu, selama lima tahun terakhir ini, baru ini film panjang Indonesia memenangkan hadiah utama di festival bergengsi Eropa.

Kisah film dengan judul berbahasa inggris Vengeance Is Mine All Others Pay Cash ini diadaptasi dari novel karangan Eka Kurniawan. Judulnya serupa, yang menceritakan soal kisah jagoan tarung bernama Ajo Kawir.

Ironisnya, ia impoten sehingga kerap didera kecemasan tak bisa memuaskan kekasihnya. Novel ini berisikan kata-kata yang lugas, tergolong vulgar dengan unsur maskulinitas dan feminisme yang juga kental.

“Penghargaan Golden Leopard ini adalah kemenangan untuk cinta kita semua terhadap segala pengalaman sinema yang sudah pernah kita alami, juga untuk segala cita-cita, harapan kita semua atas bentuk-bentuk sinema yang akan datang, yang liar belum tertebak mau ke mana arahnya,” kata Edwin melalui siaran pers yang diterima Kompas.com, Sabtu (14/8/2021).

Baca juga: Teaser Poster Film Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas Resmi Dirilis, Siapa Pemerannya?

Dapat review positif dari berbagai pihak

Sebelum menorehkan prestasi di Swiss, "Vengeance Is Mine, All Others Pay Cash" telah mendapatkan sejumlah review positif dari para penggemar film.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.