Kompas.com - 16/08/2021, 14:05 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Topik tentang perilaku dan kebiasaan anak sering dibicarakan orangtua ketika mengobrol dengan orang lain. Namun, sebaiknya berhati-hati membicarakan keburukan anak, apalagi jika anak mendengarnya.

Komentar buruk yang didengar anak dari orangtuanya bisa memengaruhi self-esteemnya.

Sanam Hafeez, neuropsikolog dan direktur Comprehend the Mind mengatakan pada usia 5 tahun anak-anak telah mengembangkan harga diri.

Ini adalah saat "anak cenderung mendengarkan apa yang orang katakan dan membentuk opini berdasarkan interaksi mereka dengan orang lain".

Para peneliti telah menemukan bahwa anak laki-laki memiliki self-talk yang lebih positif ketika orangtua mereka berbicara dengan ramah kepada mereka.

Baca juga: Orangtua Perlu Tanggap Kenali Ciri Anak Stres Selama Pandemi

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sedangkan untuk anak perempuan, gurulah yang dianggap memiliki pengaruh lebih besar. Namun, saat ini banyak orang tua bertindak sebagai guru karena pembelajaran jarak jauh.

Kata-kata yang kita gunakan ketika berbicara tentang anak penting, bahkan ketika kita berbicara tentang orang lain.

Para peneliti telah menemukan bahwa ketika anak-anak mendengar perasaan negatif kita tentang suatu kelompok, mereka akan menarik pikiran dan perasaan kita tersebut.

Dengan kata lain, mendengar kita bergosip terutama tentang orang lain dapat berdampak negatif pada perkembangan anak, pada saat mereka sedang mencoba mengelola perasaan orang lain dalam hubungannya dengan perasaan mereka sendiri.

"Kami menemukan bahwa anak-anak dapat mengembangkan bias terhadap seseorang yang belum pernah mereka temui, hanya dengan mendengar seseorang di panggilan telepon atau panggilan video yang membuat pernyataan yang menghina tentang kelompok tersebut,"

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.