Kompas.com - 16/08/2021, 14:24 WIB
Salah satu adegan dalam film Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak (Marlina the Murderer in Four Acts). Cinesurya PicturesSalah satu adegan dalam film Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak (Marlina the Murderer in Four Acts).

KOMPAS.com - Film Indonesia "Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas" mencatat prestasi membanggakan dengan meraih Golden Leopard di Locarno International Film Festival 2021.

Pencapaian ini menjadikan Edwin, sutradara Indonesia, dalam daftar yang sama dengan Stanley Kubrick, sebagai sineas yang berhasil meraih penghargaan tertinggi di acara ini.

Diberi judul bahasa inggris, Vengeance Is Mine, All Others Pay Cash film ini memang tayang dalam sejumlah festival film bergengsi di dunia. Namun siapa sangka, film ini berhasil menjadi yang terbaik di festival bergengsi di Benua Eropa ini.

Prestasi film yang dibintangi Marthino Lio dan Ladya Cheryl ini agaknya bisa dijadikan momen untuk menikmati kembali sejumlah film berkelas tanah air. Ada beberapa film yang terbukti berjaya di ranah internasional dan tersedia di platform streaming online.

Baca juga: Film Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas Raih Penghargaan

Dukung sineas tanah air dengan menonton film-film berkualitas ini tentunya secara legal dan bertanggungjawab. Apa saja rekomendasinya?

Film yang rilis tahun 2017 ini mengantongi 17 piala penghargaan termasuk Festival Film Sitges, Tokyo FILMeX, dan QCinema International Film Festival. Kisahnya sarat kritik akan perlakukan pada wanita lewat perjalanan Marlina memperjuangkan keadilan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Film ini bergenre satay western karena penggambaran ala film-film cowboy Amerika Serikat. Garapan sutradara Mouly Surya ini sudah tayang di sejumlah platform streaming termasuk Netflix.

Baca juga: Sinopsis Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak, Tayang di Netflix

  • Sekala Niskala

Sekala Niskala kurang mendapatkan atensi di dalam negeri namun banjir penghargaan di mancanegara. Karya Kamila Andini ini “Best Feature” pada 2017 di Asia Pacific Screen Awards dan Tokyo FILMeX.

Selain itu, prestasinya serupa juga ditorehkan di Adelaide Film Festival, Berlin International Film Festival, dan Shanghai International Film Festival. Jalan ceritanya sangat menyentuh hati yang menyoroti pergulatan batin tokoh utamanya yang kehilangan kembarannya.

Baca juga: 5 Film Nominasi Festival Film Cannes 2021 Akan Tayang di KlikFilm

Poster film Pengabdi SetanRilis Pers Disney+ Hotstar Poster film Pengabdi Setan

  • Pengabdi Setan

Film remake karya Joko Anwar sempat sangat booming dan menyedot banyak penonton. Siapa sangka, film ini juga sukses di luar negeri termasuk meraih predikat sebagai “Film Horor Terbaik” di ajang Toronto After Dark Film Festival dan Overlook Film Festival.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.