Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gerakan #AyoTunjukTangan, Donasi untuk Nutrisi dan Pendidikan

Kompas.com - 16/08/2021, 17:00 WIB
Sekar Langit Nariswari,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - SGM Eksplor meluncurkan gerakan sosial bertajuk #AyoTunjukTangan Bersama 2 Juta Bunda Majukan Indonesia.

Kegiatan ini berupa penggalangan dana guna menyediakan akses pendidikan dan nutrisi untuk anak di berbagai daerah.

Berdasarkan data UNICEF 2020, setidaknya sembilan dari sepuluh anak di Indonesia masih kesulitan mendapatkan akses nutrisi dan pendidikan yang optimal. Fakta yang amat disayangkan karena bisa menjadi penghalang anak mendapatkan masa depan yang lebih baik.

Ketua Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI), Seto Mulyadi mengatakan anak merupakan sebuah aset kemajuan bangsa yang dapat membawa Indonesia lebih maju kedepannya.

Pemenuhan nutrisi dan pendidikan adalah hak dasar anak yang seharusnya dipenuhi oleh orang di sekitarnya.

Baca juga: Anak Harus Gembira, Kunci Sukses Sekolah Online di Masa Pandemi

"Dukungan kolektif masyarakat untuk tumbuh kembang anak seperti pemenuhan nutrisi yang seimbang dan dukungan akses pendidikan yang berkualitas sejak dini, sangat diperlukan sebagai fondasi dan langkah awal seorang anak untuk melakukan berbagai hal produktif dalam hidupnya," ujarnya secara virtual pada Senin (16/08/2021).

Selain itu, ia mengingatkan, masyarakat juga berperan serta dalam pendidikan anak. Hal itu bisa diwujudkan lewat peran kolektif melalui donasi ini.

Marketing Manager SGM Eksplor, Astrid Prasetyo menjelaskan, gerakan sosial #AyoTunjukTangan dapat dilakukan dengan berdonasi di laman website http://www.generasimaju.co.id/ayotunjuktangan.

 "Masyarakat bisa secara mudah berpartisipasi dengan memilih jenis donasi yang ingin dilakukan," ujarnya dalam kesempatan yang sama.

SGM Eksplor Luncurkan Gerakan #AyoTunjukTangan untuk Indonesia Maju SGM Eksplor Luncurkan Gerakan #AyoTunjukTangan untuk Indonesia Maju

Bantuan akan diberikan dalam bentuk yang berbeda yakni paket nutrisi untuk anak usia di atas satu tahun , paket beasiswa pendidikan online, dan juga perbaikan fasilitas belajar bagi yang membutuhkan.

Donasi akan dibuka hingga akhir November mendatang untuk kemudian didistribusikan pada anak-anak yang dianggap membutuhkan.

Kolaborasi dengan berbagai pihak lain

SGM Eksplor juga berkolaborasi dengan sejumlah pihak lainnya dalam gerakan sosial ini. Misalnya saja perusahaan telekomunikasi Indonesia, Telkom, platform pembelajaran online dua arah, Cakap, serta beberapa perusahaan retail dan e-commerce lainnya.

Kolaborasi dilakukan untuk mengoptimalkan bantuan kepada anak Indonesia termasuk menyediakan fasilitas pendukung yang memadai untuk mendukung pembelajaran jarak jauh di masa pandemi ini.

Baca juga: Bunda, Penuhi 5 Makanan Tinggi Nutrisi Ini agar Bayi Capai Berat Badan Ideal

Tujuannya, lebih banyak anak Indonesia bisa tumbuh sehat dan bisa belajar dengan layak untuk memaksimalkan tumbuh kembang dan potensi mereka menjadi anak generasi maju.

Hal ini juga sejalan dengan semangat kemerdekaan, bersamaan dengan perayaan HUT ke-76 Republik Indonesia.

"Kami percaya, kebutuhan nutrisi dan pendidikan saling berkaitan untuk tumbuh kembang maksimal anak, sehingga mereka nantinya ikut berkontribusi dalam menentukan kemajuan masa depan Indonesia," kata Astrid.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com