BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Kementerian Pariwisata & Ekonomi Kreatif

5 Aktivitas Seru Ini Bisa Bikin Momen Hari Kemerdekaan di Rumah Jadi Lebih Bermakna

Kompas.com - 17/08/2021, 12:24 WIB
Merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia di rumah bersama keluarga. DOK. SHUTTERSTOCKMerayakan Hari Kemerdekaan Indonesia di rumah bersama keluarga.
|

KOMPAS.comHari Kemerdekaan merupakan momen penting bagi seluruh warga negara Indonesia. Pasalnya, 76 tahun yang lalu, Indonesia resmi terlepas dari jerat penjajahan. Lewat suara lantang Soekarno, pesan penuh makna dalam proklamasi kemerdekaan dikumandangkan ke penjuru negeri.

Setelah kemerdekaan berhasil diraih, 17 Agustus selalu diperingati sebagai hari ulang tahun (HUT). Untuk menambah semangat perayaannya, masyarakat biasanya melakukan aktivitas lomba 17-an.

Namun, kondisi pandemi Covid-19 yang belum usai membuat aktivitas tersebut tidak bisa diselenggarakan. Meski demikian, masyarakat masih bisa melakukan beragam aktivitas penuh makna lain untuk menyambut Hari Kemerdekaan #DiRumahAja. Selengkapnya, simak pembahasan berikut.

1. Lomba virtual

Meskipun tidak bisa menyelenggarakan lomba 17-an secara langsung, masyarakat masih bisa melakukannya secara virtual. Saat ini, teknologi digital semakin canggih. Banyak pengembang aplikasi atau website membuat platform khusus untuk lomba 17-an.

Selain menggunakan aplikasi tertentu, kamu juga bisa berkompetisi secara virtual dengan banyak orang menggunakan cara lain. Sebut saja lomba membuat video kemerdekaan, cerdas cermat virtual, lomba kostum daerah, lomba menghias masker, dan kompetisi menyanyikan lagu daerah atau nasional.

Baca juga: Mengenal 5 Kuliner Nusantara yang Identik dengan Hari Kemerdekaan

Khusus yang terakhir disebutkan, saat ini Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mengajak masyarakat Indonesia untuk merayakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia #DirumahAja dengan cara menyanyikan salah satu lagu daerah lewat kompetisi #MelodiKemerdekaan yang berlangsung selama 27 Juli-20 Agustus 2021.

Kompetisi itu juga merupakan bagian dari perayaan Hari Kemerdekaan ke-76 Indonesia yang bertema #IndonesiaTangguhIndonesiaTumbuh. Kemenparekraf menyiapkan hadiah total jutaan rupiah bagi peserta dengan video paling kreatif.

Tak hanya itu, pemenang juga akan mendapatkan ucapan spesial Hari Kemerdekaan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi), merchandise eksklusif Wonderful Indonesia, dan gift box dari Rumah Digital Indonesia.

Video kreatif dari para pemenang juga akan ditayangkan di media sosial Pesona Indonesia dan Rumah Digital Indonesia. Jadi, jangan sampai melewatkan kesempatan ini.

Upacara online jadi salah satu aktivitas di Hari Kemerdekaan.DOK. SHUTTERSTOCK Upacara online jadi salah satu aktivitas di Hari Kemerdekaan.

2. Upacara online

Selain tradisi lomba, masyarakat juga biasanya mengikuti upacara kemerdekaan setiap 17 Agustus. Namun, karena kondisi pandemi, aktivitas tatap muka di sekolah dan beberapa instansi harus diliburkan. Aktivitas upacara kemerdekaan di beberapa tempat pun ditiadakan.

Meski begitu, kamu masih bisa mengikuti upacara kemerdekaan secara virtual sebagai gantinya. Momen tersebut akan lebih istimewa karena pada tahun ini, kamu dapat mengikuti upacara kemerdekaan bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara virtual.

Caranya, kamu bisa mendaftarkan diri sebagai peserta upacara melalui laman pandang.istanapresiden.go.id.

Ilustrasi virtual tour.DOK. SHUTTERSTOCK Ilustrasi virtual tour.

3. Jalan-jalan virtual

Dalam memperingati momen spesial, banyak orang melakukan aktivitas traveling untuk menikmati keindahan alam dan budaya #DiIndonesiaAja. Karena kondisi yang belum memungkinkan untuk melakukan perjalanan, jalan-jalan virtual bisa menjadi ide menarik.

Agar perjalanan lebih menyenangkan, kamu bisa mengajak seluruh keluarga untuk berpartisipasi. Sebagai ide destinasi, kamu bisa memilih untuk berkunjung ke lima destinasi super prioritas (DSP), mulai dari Danau Toba, Borobudur, Mandalika, Labuan Bajo, hingga Likupang.

Saat ini, Kemenparekraf juga sedang gencar mengembangkan 5 DSP. Salah satunya dengan mengembangkan infrastruktur telekomunikasi dan informatika (TIK).

Baca juga: Sebelum Destinasi Wisata Dibuka Kembali, Pahami Panduan Protokol Berwisata Berikut

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, saat ini infrastruktur telekomunikasi atau jaringan sinyal telekomunikasi sangat diperlukan bagi wisatawan.

“Upaya tersebut sesuai arahan Presiden Jokowi untuk menyiapkan secara total infrastruktur DSP. Saat ini, kami melihat bahwa telekomunikasi dan informatika bukan lagi sebagai infrastruktur tambahan, melainkan infrastruktur utama,” ujar Sandiaga dikutip dari laman resmi Kemenparekraf, Senin (18/1/2021).

Mendekorasi rumah dalam menyambut HUT Republik Indonesia.DOK. SHUTTERSTOCK Mendekorasi rumah dalam menyambut HUT Republik Indonesia.

4. Mendekorasi rumah

Aktivitas lain yang bisa kamu lakukan untuk merayakan Hari Kemerdekaan adalah mendekorasi rumah. Agar semangat perayaan 17-an lebih terasa, kamu bisa menambahkan aksen merah putih pada setiap sudut ruangan di rumah.

Bahkan, dekorasi menjelang 17 Agustus tidak hanya berfungsi untuk memeriahkan suasana. Beberapa warga memanfaatkan aktivitas ini sebagai salah satu ajang perlombaan di lingkungan RT.

Baca juga: Mulai dari Batik Betawi hingga Boneka Ondel-ondel, Andalan Produk Ekraf Khas Betawi

Sebagai referensi, kamu bisa membuat dekorasi gantungan bunga dari kertas, hiasan lampion berwarna merah putih, dekorasi balon dengan beragam bentuk, dan hiasan bendera merah putih di langit-langit atau tembok rumah.

Cara lain, kamu juga bisa membeli ragam dekorasi atau hiasan secara langsung melalui usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Adapun pelaku UMKM yang menjual di antaranya Galeri Capit, Delio Crafty, Samju Gallery, Noeny Craft, dan Bening by Helena.

Memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia bersama keluarga.DOK. SHUTTERSTOCK Memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia bersama keluarga.

5. Menonton film kemerdekaan

Kamu juga bisa menonton film kemerdekaan untuk merayakan HUT Indonesia. Dengan menonton film tersebut, kamu akan lebih menghargai dan menghormati jasa pahlawan yang telah berjuang.

Hingga saat ini, Indonesia memiliki beberapa film yang menyorot perjuangan para pahlawan dalam melawan penjajah. Sebagian besar dikemas dalam cerita fiksi dengan penokohan sesuai fakta.

Beberapa film yang bisa kamu saksikan di antaranya adalah Kartini yang dibintangi Dian Sastrowardoyo, Soekarno: Indonesia Merdeka yang disutradarai Hanung Bramantyo, Bumi Manusia yang diadaptasi dari novel karya Pramoedya Ananta Toer, dan Guru Bangsa: Tjokroaminoto yang diperankan oleh Reza Rahadian.

Baca juga: Yuk, Jalan-jalan Virtual ke 4 Destinasi Keren di Indonesia

Keempat film tersebut merupakan film produksi nasional. Sebagai warga negara Indonesia, sebaiknya kamu menonton film karya anak bangsa. Sebab, film adalah salah satu subsektor ekonomi kreatif (ekraf) yang perlu didukung.

Itulah beberapa aktivitas yang bisa kamu lakukan untuk merayakan Hari Kemerdekaan. Meskipun dilaksanakan di rumah masing-masing, sebaiknya kamu tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat.

Mulai dari mencuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun atau hand sanitizer hingga bersih, memakai masker rangkap dua, menjaga jarak minimum satu meter, membatasi mobilitas, menjauhi kerumunan, serta menghindari makan bersama (6M).

Selain penerapan prokes, vaksinasi juga bisa menjadi kunci untuk melindungi diri dari serangan virus corona. Oleh karena itu, segera ikuti program vaksinasi secepatnya agar bisa mewujudkan #IndonesiaTangguhIndonesiaTumbuh.


Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.