Kompas.com - 17/08/2021, 14:48 WIB
Presiden Joko Widodo (kiri) bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo tiba untuk memimpin Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan 1945 di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (17/8/2021). Presiden Jokowi mengenakan pakaian adat Lampung, sementara Ibu Negara mengenakan busana nasional dengan kain songket. ANTARA FOTO/SETPRES/HANDOUTPresiden Joko Widodo (kiri) bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo tiba untuk memimpin Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan 1945 di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (17/8/2021). Presiden Jokowi mengenakan pakaian adat Lampung, sementara Ibu Negara mengenakan busana nasional dengan kain songket.
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com – Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, Presiden Joko Widodo hadir dalam upacara peringatan detik-detik proklamasi dalam rangka HUT ke-76 RI pada Selasa (17/8/2021) pagi ini dengan mengenakan pakaian adat Indonesia.

Tahun ini, Jokowi memilih untuk mengenakan pakaian adat Pepadun dari Provinsi Lampung. Pakaian adat yang dipakai Presiden terdiri atas baju lengan panjang berwarna putih yang dipadukan dengan celana panjang berwarna putih serta kain sarung tumpal berwarna merah.

Jika dilihat sepintas saja, mungkin kita beranggapan bahwa Jokowi hanya sekadar mengenakan busana bernuansa merah putih saja tanpa ada makna lain.

Padahal, kenyataannya tidak begitu. Pakaian yang dikenakan Jokowi hari ini memiliki makna.
Makna pakaian pilihan Jokowi itu dipaparkan oleh perancang busana Didiet Maulana dalam thread di akun Twitter pribadinya @didietmaulana

Dalam caption di awal thread tersebut, Didiet menyebutkan bahwa makna yang dipaparkannya merupakan hasil diskusi antara ia dan Riana Sari Arinal, Ketua Dekranasda Lampung.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dalam cuitannya, pendiri Ikat Indonesia ini mengungkapkan bahwa Jokowi tampil mengenakan pakaian Lampung Pepadun Penyimbang Tetua Adat/Pimpinan dalam Adat yang disiapkan oleh tim khusus dari Lampung.

Baca juga: Deretan Pakaian Adat dalam Upacara HUT Ke-76 RI

“Adat di Lampung terbagi dua yaitu Pepadun (tinggal di daratan) dan Sai Batin (tinggal di daerah pesisir/ pantai),” tulisnya.

Lalu, Didiet pun mulai menyebutkan bahwa baju dan celana putih yang dikenakan Jokowi itu dipandang sebagai warna tertinggi dalam prosesi adat Lampung yang biasa dipakai oleh Penyimbang (Pimpinan dalam Adat).

Selain itu, sama seperti warna putih dalam bendera Indonesia, warna putih dalam pakaian itu juga melambangkan kesucian dan menjunjung tinggi kejujuran dalam kehidupan.

Kain yang disampirkan di atas baju Jokowi pun memiliki nama, yaitu Sarung Tumpal. Sarung yang dikenakan Jokowi memiliki motif pucuk rebung yang menggambarkan keagungan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.