Kompas.com - 18/08/2021, 11:44 WIB
Ilustrasi martabak manis dan minuman tinggi gula. DOK.SHUTTERSTOCK/NAJIB AWPIlustrasi martabak manis dan minuman tinggi gula.

KOMPAS.com - Kita dianjurkan untuk menerapkan pola makan sehat dan seimbang setiap harinya. Ketika sedang menjalani isolasi mandiri (Isoman) akibat Covid-19, penting untuk lebih disiplin dalam menerapkan pola makan sehat.

Sayangnya, banyak dari kita yang sering kebingungan dalam memilih menu makanan dan pada akhirnya menjatuhkan pilihan pada makanan tinggi gula.

Menurut sebuah Laporan Tren F&B Indonesia sepanjang 2020-2021, misalnya, disebutkan bahwa hampir 7 juta orang memesan martabak di 2020. Selain itu, setiap 10 detik, terdapat satu teh susu varian hazelnut yang masuk dalam pesanan.

Padahal, rekomendasi asupan gula harian setiap orang adalah 50 gram atau maksimal empat sendok makan per hari.

Ahli gizi dr Juwalita Surapsari, MGizi, SpGK menyebutkan, menurut inforgrafis Kementerian Kesehatan, satu potong martabak manis mengandung gula sekitar 12 gram atau satu sendok makan.

Sementara sebuah penelitian di Singapura menyebutkan gula dalam minuman bubble tea (500 ml) mencapai sekitar 102,5 gram atau delapan sendok makan.

"Jadi, orang akan cenderung kelebihan gula ketika mengonsumsi makanan-makanan manis seperti ini."

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Demikian diungkapkan oleh Juwalita dalam webinar bertajuk Bahaya Salah Asupan di Tengah Pandemi dan Isolasi Mandiri bersama Rejuve, Rabu (18/08/2021).

Baca juga: Lemas hingga Jerawatan, 12 Tanda Kita Makan Terlalu Banyak Gula

Gula lemahkan sistem imun

Dokter yang berpraktik di RS Pondok Indah - Pondok Indah itu menyebutkan beberapa bahaya konsumsi gula berlebih, di antaranya menyebabkan obesitas, penyakit jantung dan pembuluh darah, diabetes, tekanan darah tinggi, gigi berlubang, memicu perilaku makan berlebih, kulit lebih cepat menua, penyakit ginjal dan liver, hingga peradangan.

Ketika kita terinfeksi, tubuh akan melawan dengan respons imun. Sayangnya, terlalu banyak konsumsi gula akan melemahkan sistem imun kita.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.